Cica Koreng Bersuara Merdu (Megalurus palustris)



http://www.pagiberkicau.com/
Burung Cica Koreng
BirdingBandung selatan, Februari 2018, Burung Cica Koreng, Klik Video
Biasanya pagi buta sudah turun hujan tapi hari ini cukup cerah, seakan matahari ingin menyapa bersama alam yang indah Bandung selatan, bertempat di Desa Tarumajaya, desa yang dikelilingi kebun sayuran-sayuran yang menghijau, menua dan sepertinya saatnya untuk di panen, perjalananku cukup lancar, bersama sahabat, Kang Tedih yang kebetulan ingin melihat villa mininya di tengah perkebunan sayaur.

http://www.pagiberkicau.com/
Anak-anak petani bermain bola

Sesampainya disana, ternyata tempatnya tidak begitu jauh dari Hulu sungai Citarum, depan tempat tinggalnya adalah sebuah lapangan rumput yang terhampar luas, diman anak-anak bermain bola, begitu senangnya melihat mereka menikmati bermain bola dengan udara yang sejuk pegununggan.

Disisilain terlihat hutan yang lebat, dengan pohon yang rapat dan lebatnya dedaunan menambah begitu indahnya pemandangan ditempat itu, sambil berhayal berharap bisa tinggal lebih lama, hingga aku dapatkan Pagiberkicau yang aku harapkan.

http://www.pagiberkicau.com/
Burung Cica Koreng

Saat sedang melihat-lihat kesekeliling, terdengar sayup-sayup kicauan yang melengking indah, dan cukup keras, ternyata ada sikicau bersama pasanganya, bermain diantara dahan pohon, dan mencari serangga diantara rerumputan tanah lapang, dan sesekali terbang diantara pungung daun pisang, kucoba mendekat, berharap lebih dekat dan mendengarkan kicauan merdunya, sambil membidik gambar berharap dapat foto yang lebih jelas.

http://www.pagiberkicau.com/
Burung Cica Koreng

http://www.pagiberkicau.com/
Burung Cica Koreng

KICAUAN BURUNG CICA KORENG
Tapi burung Cica Koreng ini cukup agresif, terbang menjauh seakan tidak ingin di foto, dan terus aku kejar tapi hasilnya tidak bigitu memuaskan, walau begitu bahagianya bertemu dengan burung ini, kalo di amati hampir mirip dengan burung Cici padi, tetapi burung Cica Koreng tubuhnya lebih besar 26-27 cm, dan betina dengan jantan bulunya hampir sama dengan corak batiknya, sulit untuk membedakan, hanyasaja jantan terlihat selalu berkicau.

http://www.pagiberkicau.com/
Burung Cica Koreng

Burung Cica Koreng seringkali turun, berjalan diantara rerumputan, dan semak, pagar pingiran pertanian, kupu-kupu, belalang dan serangga menjadi makanan faforit burung ini, saat di semak agak sulit terlihat dengan bulu coklatnya menjadikan kamuflase yang sempurna saat berada atas tanah.

mereka terlihat berdua saat pagi, saat sarapan dan saat sore menjelang magrib, berkicau memecah kesunyian, suaranya cukup bagus, siapa saja yang mendengarnya pasti tertarik. Berharap suatu saat dapat bertemu kembali dengan burung Cica Koreng ini, dan mendapatkan gambar yang lebih bagus. Salam Pagi Berkicau Bandung selatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)