Wisata Burung Bandung Selatan

http://pagiberkico.blogspot.co.id/

Bandung selatan daya tarik yang berbeda, berwisata mengamati burung elang, beberapa bukit di kakigunung malabar, sekilas mata memandang terlihat keindahan barisan bukit dari Ciparay hingga Banjaran Kabupaten Bandung nampak hijau kala musim hujan tiba, sejauh mata memnadang ada hasrat untuk mendekat ada apa di lembah bukit, dan naik lebih atas ke lereng bukit, bergumam dalam hati berwisata kesana, rimbunnya pepohonan dan sawah yang mulai basah di guyur air hujan semalam, menambah aroma lembah yang segar. melewati pematang sawah dan menelusuri bibir bukit, yang semakin atas semakin menyempit. sontak terkagum dari sela rimbunya pepohonan terlihat banyangan besar melintas di atas langit, sesekali mengepakan sayapnya, terbang berputar angkuh diatas bukit, diantara terjalnya tebing bukit.

Wisata yang berbeda, hasrat keingintahuan yang besar mencoba menelisik mengikuti arah kemana bayangan itu pergi, banyangan itu setiap di amati makin jelas dan ternyata bayangan itu adalah burung Elang, dalam hati bertanya-tanya, masih ada Burung penguasa lembah berada di perbukitan. Burung Elang yang sangat menakjubkan, menjadi wisata yang tidak kalah mengasyikanya dengan mengamati Elang. Menurut keteranagn lain Elang jenis ini, sering dijumpai di ketingian, hutan, perkebunan, dan yang kami jumpai dekat dengan perkampungan pingiran desa yang terdapat perbukitan. makanan kesukanya ular, tikus, kadal, tupai, dan hewan-hewan kecil lainnya. 

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Elang yang berputar-putar diatas bukit (Foto Tio)

Kami terus bergerak mengikuti jalan setapak, berundak sesekali melewati cela sempit berharap melihat burung ini lebih dekat. samapilah di tempat yang dituju, tempat nyaman di lereng bukit, ada saung singahan milik sahabat. lumayan dapat menikmati si elang sambul istirahat di saung, nasi liwet lengkap dengan sahabat terdekatnya jengkol dan sambel, asin dan lalaban. menati mengusik perut yang berisik. Elang itu tak hentinya berputar putar diatas bukit, menduga bahwa ada mangsa yang sedang di incarnya. setelah beberapa lama menghilang dari pandangan. 

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Elang Mengintai mangsa (foto Tio)

Elang ular (Spilornis cheela) tahun demi tahun populasinya semakin berkurang. Elang adalah burung pemangsa, predator yang mengincar mangsanya dari udara, dari saudaranya yang lain jenis burung elang di bumi kurang lebih 60 spesies yang tersebar di belahan bumi. Elang memiliki jarak pandang yang lebih jauh dan lebih tajam dari makluk lainya. Elang lima kali lipat besar retinanya dibandingkan dengan manusia, elang dapat melihat mangsanya yang kecil dari jarak dua mil jauhnya. paruh yang kuat runcing dan melengkung untuk mencabik tubuh mangsanya. Sayap elang sangat lebar ada yang lebarnya mencapai 2,5 m. dan memiliki cakar yang tajam, untuk melumpuhkan mangsanya dan membawa terbang mangsanya. Elang ini memiliki bulu berwarna hitam dengan garis putih pada ujung belakang sayapnya. Jika terbang, sayapnya akan melengkung ke atas dan ke depan. Memiliki kulit kuning di sekitar mata hingga paruh. dan kulitnya kebal terhadap gigitan ular beracun.

Bersyukur Berwisata sambil menikmati burung elang, merasakan menikmatinya di sekeliling kita masih ada pemandangan yang mengagumkan, dan betapa gagahnya Burung elang terbang bebas di alam terbuka. Gunung geulis Bandung Selatan.

    

Komentar

  1. alhamdulillah masih ninggal heulang.... nuhun

    BalasHapus
  2. Heulang-heulang tetelo di kolong, eta lalaguan barudak lembur lamun aya heulang manting

    BalasHapus
  3. Terimakasih lur hehehe ... tos masihan masukanya

    BalasHapus
  4. Saya tunggu postingan tentang burung lainnya om

    BalasHapus
  5. Saya tunggu postingan tentang burung lainnya om

    BalasHapus
  6. kade ah, sering2 posting artikel burung jangan sampe jadi manusia "burung" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha .... Ustadz Heri tong ngaduakeun kitu atuh.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)