Raja udang (meninting) Birding Bandung

http://www.pagiberkicau.com/
Raja Udang, Pekakak

Sabtu pagi Bandung selatan udara cukup dingin, disambut mentari pagi menjadi hangat. Seperti biasa kameraku selalu kubawa kemana pun aku pergi Nikon D3200, cukup untuk belajar akan fotografi, motor segera kunyalakan beberapa menit untuk dipanaskan.

Istri dan kedua putriku sudah bersiap berangkat untuk sebuak keperluan keluarga, tidak jauh dari rumah hanya 15 menit, perjalanan untuk sampai tujuan kami, betapa sejuknya udara pagi saat itu, melewati sawah yang luas dan pemandangan yang indah.

Beberapa saat kemudian sampai pada tujuan kami, kuparkir motor dan aku pun menunggu diluar, kebetulan tukang bubur dekat dengan tempat tersebut, sambil menikmati bubur yang lezat, cukup untuk menjadi sarapan pagiku, kameraku selalu siap di bahuku, tidak beberapa lama, ada sesuatu yang bergerak di dekat balong ikan, dimana sebuah villa dan balong ikan di depanya, serta pepohonan beraneka jenis, sosok itu melompat dari ranting kedahan, dan ke dedauan yang dipenuhi dengan buah kersen yang sedang masak.

Sosok itu adalah seekor tupai, aku langsung segera membidiknya berharap gambarnya aku dapatkan, selanjutnya terus aku amati dan dapatlah gambar yang lumayan, setidaknya bisa membuat hati ini senang.

http://www.pagiberkicau.com/
Tupai
Saking asyiknya tiba-tiba tanpasadar burung Kingfisher melintas, aku terkejut, dalam hati kenapa burung ini ada disini, padahal lingkungan di tempat itu, padat penduduk, hanya lokasi villa saja yang terlihat luas, tapi aku sadar bahwa dimana ada perairan burung ini ada, walau hanya singgah atau mencari makan, ikan kecil dan udang.

Burung ini tidak biasa, yang aku jumpai di daerahku, bulunya bagus dan warna merah dan biru menjadi corak yang istimewa, dan putih bergaris, konon namanya Raja udang meninting, burung yang indah, tidak henti-hentinya aku tidak beranjak dari tempat itu, sambil mengendap-endap, untuk menggagumi betapa indahnya burung itu. dan kameraku selalu siap.

http://www.pagiberkicau.com/
Raja Udang Kingfisher
Aku beruntung acara istriku cukup lama, karena aku bisa lebih lama memandangi burung itu, dan berharap dapat fotonya. Raja udang Meninting berasal dari Asia, tersebar melewati Subkontinen India dan Asia Tenggara. Persebarannya dari barat India, ke arah timur Nepal, Bhutan dan Bangladesh, menuju ke Myanmar, Thailand, Kamboja, Vietnam dan Malaysia nama ilmiahnya Alcedo meninting, aku sangat bersyukur burung ini masih ada di alam Indonesia.

Sarang mereka di lubang tanah di bibir sungai atau rawa, sekitar perairan dekat dengan sumber makananya. Menu makanya ikan kecil, udang siput, dan reptile kecil.

Sahabat Pagi berkicau itulah gambaran dimana hobi birding menjadi sebuah pilihan, untuk mendekatkan diri menikmati semua ciptaan terindah Tuhan yang diberikan kepada kita, betapa indahnya karyanya, dan betapa lengkapnya dengan semua mahkluk cantik yang Dia ciptan, dan kita patut mensyukuri semua nikmat yang Ia berikan kepada manusia.

http://www.pagiberkicau.com/
Raja Udang Kingfisher
Hingga waktu berlalu, rasanya ingin kembali lagi untuk menemui dan menikmati burung Raja udang Meninting itu, keren berharap suatu saat berjumpa kembali, dan semoga tetap lestari burung itu dalam ekosistemnya. Video ini dimana pencarian Kingfisher di tempat lain Bandung Birding.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)