Cekakak Jawa (Halcyon cyanoventris)

http://www.pagiberkicau.com/
Cekakak Jawa foto Pagi Berkicau
Salam Pagi Berkicau, seperti biasa kali ini pagi buta aku beranjak memanaskan kendaraan, beberapa pekan sebelumnya penuh dengan kesibukan kantor, yang menyita istirahatku, yang biasanya Hunting atau kukurusukan di kebun orang atau menelusuri pematang sawah hanya ingin bertemu sahabat pagi ku, burung-burung yang berterbangan dialam bebas, hanya untuk mengamatai dan mengambil video atau gambar, walau terkadang gambar hasil bidikanku ngeblur kurang jelas, tapi itu cukup mengembirakan buatku.

Lokasi buruanku memang agak jauh kali ini, jadi aku mengunakan motor agar lebih cepat sampai tempat yang dituju, masih daerah Bandung selatang tepatnya di Baleendah, daerah ini masih luas untuk aku jelajahi, dan masih berkeliling di daerah rendah sungai dan kebun serta persawahan, walau pegununggan juga tidak jauh dari daerahku. Tetapi daerah perairan cukup melimpah spesies yang bisa membuatku puas untuk diexplorasi.

http://www.pagiberkicau.com/
Cekakak Jawa foto Pagi Berkicau
Kali ini aku menemukan burung yang sangat sulit untuk didekati yaitu burung Cekakak, atau burung hurang, di daerahku menyebut nama burung ini, Inggrisnya Javan Kingfisher atau (Halcyon cyanoventris) kata orang eropamah, burung ini memiliki bulu berwarna terang yang cantik bahasa kerennya eksotis, ukurannya cukup besar dibanding burung yang sering saya temui, di sekitar sungai citarum, burung ini peka terhadap manusia dan suaranya bising ditelinga saat terbang ke udara.

untuk mendekatinya, aku harus mengendap-endap dan merayap, untuk cukup mendapatkan hasil yang baik, ya cukuplah untuk mengambil gambarnya, walau napasku ngos-ngosan saat membidiknya.

http://www.pagiberkicau.com/
Cekakak Jawa foto Pagi Berkicau

Beberapa gambar aku dapatkan, begitu pula videonya. Dari hasil pengamatan beberapa hari lalu, ditemukan di sekitar genangan air yang mulai mongering, tapi terlihat sumber makanan yang terdapat di situ, ikan kecil serangga dan katak menjadi buruan makanan burung cekakak jawa ini.

Sangat sulit dipercaya burung ini ada di sini, padang tandus dan sedikit genangan air saat musim hujan, ukuranya besar kalo di amati, sekitar 25 cm. panjang tubuhnya. Jadi para sahabat pagi berkicau yang suka birding, tentunya tidak musti jauh-jauh untuk mendapatkan atau mengamati burung disekitar kita, berbekal kesabaran dan rasa cinta terhadap burung di alam bebas.

Sahabat bisa lihat gerak-geriknya burung ini, di video yang saya dokumentasikan saat itu, saya sangat bahagia dan bisa berbagi, bersama sahabat Birding dimanapun berada. wakti ideal burung ini mencari makan pukul 08.30 WB. Pagi Berkicau.



Buruan Birding berikutnya yaitu Burung Cekakak Sungai, dia terlihat di Lueuwih nini, masih di Baleendah, terakhir terlihat dekat dengan sungai dan pepohonan tinggi, sangat sulit untuk didekati, kecuali keberuntungan berpihak padaku, dan bisa mengambil gambar serta mengamati tingkahnya yang unik.

http://www.pagiberkicau.com/
Cekakak Sungai foto Pagi Berkicau
saya yakin suatu saat aku akan bertemu dengannya Raja udang atau cekakak sungai ini. Klik disini Video Burung cekakak sungai.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)