Pecinta Burung Big Year (Birding)

Dunia Burung tidak ada hentinya menghiasai karya para seniman, hampir sebagian besar Fotografer memotret binatang yang satu ini, beribu-ribu jenis burung menjadi buruan mereka untuk hasil jepretannya, diseluruh dunia sangat menyukai dan mencintai makluk yang satu ini, ialah burung dengan keindahan bulu-bulunya yang beranaka warna dan menawan, hingga suaranya yang merdu menjadikan burung simbol-simbol sakral yang di kagumi manusia.

The Big Year


Tidak sampai disitu saja burung menjadikan inspirasi sebuah film, dimana sejarah telah mengubah kebiasaan manusia merusak dan membunuh makluk yang indah ini, menjadi sebuah totonan pecinta burung yang mengambarkan perburuan hingga menikmati burung dengan mendokumentasikan jenis-jenis burung di seluruh permukaan bumi ini, sebagai karya foto yang indah, dan menjadi hobi yang luar biasa dalam mencintai dan menggagumi keindahan burung yang eksotis.

saya akan sering tentang satu film yang sangat menarik bagi saya yaitu, tentang para fotografer dalam mengumbulkan hasil jepretanya menjadi hobi, dan mengubah cara menikmati berburu yang dulunya memusnakan, menembak, menjadi sebuah karya foto yang akan dikenang dan menjadi kompetisi lomba, betapa beraneka ragamnya jenis burung yang perlu jijaga kelestariannya dengan merubah cara berfikir dan mengumpulkan foto jenis burung yang berbeda, dalam adegan yang paling aku sukai pada saat mereka menemukan dan membidikan kameranya ke objek burung yang pertamakali mereka temukan. 

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
The Big Year adegan terkagum saat mereka menemukan burung


The Big Year, dari sutradara David Frankel, berkisah tentang sebuah kompetisi di mana para pengamat burung atau disebutnya 'birders' mencoba untuk melihat banyak spesies burung di Amerika Utara, kompetisi itu dilakukan dalam jangka waktu satu tahun. Film ini berdasarkan dari kisah dalam buku pada tahun 1998 dari karya Mark Obmascik The Big Year: A Tale of Man, Alam dan Fowl Obsession, di mana konsep yang disajikan"The Amerika Utara Big Year".

film ini berkisah ada tiga orang birders mencoba untuk bersaing mengalahkan satu sama lain untuk mendapatkan gelar juara birding Tahun terbesar Amerika Utara - wisecracking Kenny Bostick yang diperankan aktor (Owen Wilson), dia adalah seorang juara bertahan dan rekor yang dicapainya 732 burung, yang dia kumpulkan dari hasil koleksinya dalam satu tahun, ia juga harus berusaha untuk menjaga pernikahannya dengan Jessica (Rosamund Pike). Sedangkan karakter pesaingnya Stu Preissler (Steve Martin) orang ini adalah seorang pengusaha kaya pensiunan yang karyawannya memohon untuk kembali ke Perusahaannya. sedangkan yang dan satu lagi Brad Harris (Jack Black), seorang programmer yang sangat menyukai burung dan suara burung hampir menghafal semua suara burung. Walau dalam perjalannya tidak didukung oleh ayahnya. Kegembiraan terjadi saat di suasana yang menjanjikan gambar panorama yang menakjubkan dari lanskap Amerika. ke tiga orang tersebut menjadi aktor utama dalam kisah ini.

Kisah Bostick yang begitu ambisius mempertahankan gelar yang telah dicapainya, dan kisah pernikahanya yang berujung perpisahan dengan pasangannya yang sering di tinggal, karena lebih memilih mencari burung buruannya, berbeda dengan pesaingnya Harris yang dia mendapatkan ke dua-duanya walau peringkatnya dibawah Bostick, tapi Harris mendapatkan cintanya kembali dengan peserta perempuan yang dia temui di kompetisi itu. Sedangkan Stu Preissler sangat bahagia walau tidak memenangkan kompetisi, karena ia mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam mengikuti Big Year, dia dapat mempertahankan keutuhan keluarganya dan bahagia dengan hadirnya cucu tercintanya.

Saya membayangkan betapa bahagianya memiliki kamera yang luar biasa dan lengkap, dan melakukan perjalanan menikmati indahnya alam dan penghuni alam liar yaitu, burung-burung di seluruh belahan dunia begitu juga dengan Indonesia yang memiliki keaneka ragaman burung di alam terbuka yang sangat banyak, tentunya menjadi pengalaman yang tidak mungkin terlupakan. Jadi film ini sangat menginspirasi betapa indahnya burung-burung bebas terbang dan mendiami daerah tertentu dan manjadi penghuni serta berkembangbiak serta selalu terjaga ekosistemnya.

Anak Pengusaha kaya Indonesia yang suka photography, Burung yang berada di atas lensa kamera sunguh sangat menggagumkan.

Silvana Regina Sutanto

Berikut ini data orang-orang para pecinta Big Year klasemen tahun terbesar birding. dan menjadi kisah inspirasi birding berikut adalah catatannya;

  1. Neil Hayward - 749 (2013)
  2. Sandy Komito - 748 (1998)
  3. John Vanderpoel - 743 (2011)
  4. Jay Lehman - 734 (2013)
  5. Robert Ake - 731 (2010)
  6. Lynn Barber - 723 (2008)
  7. Sandy Komito - 722 (1987)
  8. Greg Miller - 715 (1998)
  9. Dan Sanders - 715 (2005)
  10. William Rydell - 714 (1992)
  11. Brandon Reo - 712 (2015)
  12. Al Levantin - 711 (1998)
  13. Steve Perry - 711 (1987)
  14. Benton Basham - 710 (1983)
  15. John Spahr - 704 (2010)
  16. Chris Hitt - 704 (2010) 
  17. James Vardaman - 699 (1979)

Komentar

  1. filmnya bagus tuh, sinematographinya yahud, kayak liat film dokumenter

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Om. saya juga sering mengulang ulang nontonnya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)