Burung Gereja Penyanyi (Song Sparrow)


http://www.pagiberkicau.com
Burung Gereja Penyanyi (Song Sparrow)

Burung gereja, siapa takenal dengan burung ini, burung gereja seringkali terlihat di depan halaman rumah kita dan populasinya sangat melimpah dan hidup bebas disekitar taman serta kebun. Tetapi kali ini saya tidak akan membahas burung Gereja yang ada di sekitar kita. Tetapi burung Song Sparrow

Burung Song Sparrow. Merupakan spesies burung gereja asal Amerika sonoh, atau disebut dengan Emberizidae dari Genus Molospize. Jadi Song Sparrow diartikan ke bahasa kita adalah burung Gereja Penyanyai atau Burung Pipit Lagu, tentunya menjadi aneh di telinga orang Indonsesia jadi ya itulah, pemberian nama yang pastinya orang yang pertama kali menemukan atau ahli yang meneliti burung tersebut.

Ciri Burung Song Sparrow.
Burung berwarna coklat muda ini, dengan kobinasi warna abu-abu serta garis-garis tebal pada bagian bawah dadanya berwarna putih, dibagian atas kepalanya ada warna coklat melingkar, memiliki ekor panjang berwarna coklat, sedangkan paruhnya coklat terang. Song Sparrow adalah salah satu burung pipit Amerika Utara yang paling familiar. Itu salah satu spesies pertama jika melihat burung gereja dengan bulu bergaris-garis bercorak lebar. Ahli Ornitologi menjelaskan ada subspesies sebanyak 52 Burung.

 
Burung Gereja Penyanyi (Song Sparrow)

Habitat Burung Song Sparrow 
Burung ini senang hidup diantara daerah tepian rawa berair, sering juga terlihat di sekitar pemukiman, pingir hutan. Sering terlihat juga diantara semak-semak yang rendah, Burung Song Sparrow jantan bertenger di pohon kecil sambil mengeluarkan nyanyian kicauannya yang indah, bersautan mendekat dengan burung sejenisnya. Sarang Burung Song Sparrow di daerah dekat dengan pemukiman taman dekat rumah. Burung Song Sparrow  memiliki musim bersarang relatif lama, dari awal Mei sampai pertengahan September.

Tingkah laku Burung Song Sparrow
Seekor burung kecil bertengger di ranting pohon. Terbang rendah hinggap diantara cabang pohon kecil, terkadang bergerak di atas tanah terbuka mencarai makan, terbang rendah sayapnya melebar sedangkan ekornya yang panjang bergerak kebawah sebagai penyeimbang, diantara ranting kecil burung berkicau dan bertengger, makananya biji dan serangga.


   





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)