Burung Cantik dari Amerika (Bobolink)

http://www.pagiberkicau.com
Burung Bobolink Jantan
Di Indonesia burung yang suka hadir diantara tanaman padi yaitu burung pipit, tetapi  burung Bobolink dia suka berada diantara semak atau pertanian gandum, burung Amerika ini terlihat asing di Indonesia, dan sama sekali tidak terlihat di alam atau pun di antara penjual burung di pasar burung, karena burung ini berasal dari Amerika. Bobolink kicauannya luarbiasa indah.
 
Pada musim kawin mereka ditemukan di padang rumput di seluruh Kanada bagian selatan dan utara Amerika Serikat, kemudian bermigrasi sekitar 10.000 km ke selatan Amerika Selatan untuk menghabiskan musim dingin.

Cirir-Ciri
Sebuah bobolink lebih kecil dari robin dan beratnya hampir sama dengan buah kiwi, tubuhnya berukuran  panjang 15.2-20.5 cm, sedangkan jantan memiliki berat badan antara 34-56 g dan betina berat 29-49 g). untuk membedakan bobolinks jantan lebih mudah karena dan memiliki warna yang khas di tengkuknya coklat kemerahan, kepala hitam, bahu ada warna putih hingga ke punggung, corak bintik-bintik lebih mencolok. 
Habitat dan Makanan
Bobolinks sangat membantu parapetani dengan makan serangga hama yang dinyatakan bisa merusak tanaman, Makanan bobolinks terutama biji, biji-bijian gulma dan biji rumput, dan serangga, belalang, semut, kumbang, laba-laba dan ulat. Kebanyakan para pengamat burung Amerika Utara tidak pernah berkunjung pada saat musim dingin Bobolink di Amerika Selatan. Namun, spesies ini relatif mudah untuk diamati selama bulan-bulan musim panas seperti mencari makan untuk makanan di atas tanah di bawah rumput tinggi atau di atas rumput tinggi yang menjuntai. Burung bobolinks sangat aktif di siang hari.

Masa kawin
Bobolinks betinan membangun sarang mereka di tanah dekat dengan semak belukar atau padang rumput kering yang melindungi mereka dari predator, dan dihuni selama musim panas. Telur mereka 3-7 butir. Bobolings jantan melakukan perkawinan berpoligami, lebih dari satu betina dan membuat beberapa sarang dari satu wilayah, butuh 2 bulan atau 60 hari burung kecil untuk menjadi dewasa, sedangkan kelompoknya berkembang biak butuh 2 tahun. Mereka membuat kelompok besar selama masa musim kawin dari satu wilayah yang nantinya musim migrasi, saat musim dingin tiba, dan akan kembali ketempat yang sama pada setiap tahunya dan berkembang biak. 

 
http://www.pagiberkicau.com
Anak burung Bobolink

Burung Bobolink betina menetas di sebagian besar Kanada bagian selatan dan utara Amerika Serikat. Spesies ini adalah migran jarak jauh, musim dingin di selatan Amerika Selatan. Migrasi Bobolinks arah lulus ke selatan sepanjang pantai AS tenggara sebelum melanjutkan ke selatan  Amerika Selatan melalui Jamaika. Pada musim panas, Selama migrasi, juga dapat ditemukan di rawa-rawa.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)