Cucak Daun yang Eksotis untuk Pemula

http://www.pagiberkicau.com/
Cucak Daun Jantan


Siang ini aku dapatkan sahabat berkicau yang baru bulunya di penuhi dengan warna hijau, bermahkota kuning gradasi menyatu warna hijau muda kekuningan, burung yang indah Cucak Daun kata siakang penjualnya, atau bahasa umumnya Cucak rante atau Cucak ranting nama latinya (Chloropsis cochinchinensis) kalo inggrisnya blue winged leafbird  kerenjuga namanya, dan konon keluarga dari burung Cucak  ijo.

Satu kurung kosong lumayan sekarang ada isinya, setelah dibersihkan dan memasang beberapa tempat pakan dan minum yang wajib di ada, jangkrik beberapa ekor dan pisang kapok yang sudah matang agak gembur biar si burung tidak perlu mengunyah lama, terlihat burung agak giras mungkin menyesuaikan lingkungan kandang yang baru, burung Cucak Daun ini saya dapatkan dari langanan, harganya cukup murah, walau kondisi burung kurang begitu baik dengan kondisi bulu ekor yang brujul entah kenapa, tetapi itu bukan masalah nanti juga akan tumbuh ekor yang baru.

Cucak Daun ciri yang sangat menonjol yaitu; seluruh bulunya berwarna hijau terang seperti hijau daun muda, dari leher sampai dengan pipinya berwarna hitam mengkilap, sedangkan pada tepi sayap hingga ekor warna biru terang yang indah, pada dagunya ada sedikit warna biru dekat sekalih dengan paruh yang berwarna hitam, iris matanya berwarna coklat, sedangkan kakinya abu kebiruan. Burung Cucak Daun Jantan dan betina sangat mudah membedakanya dan sangat jelas, burung Cucak Daun betina tidak ada warna hitam di tengorokanya, dan agak kusam, seperti pada gambar dibawah ini. 

Ukuran tubuhnya sekitar 16,5-18,5 cm. kurang lebih ukuran burung Cucak Daun ini.


http://www.pagiberkicau.com/
Cucak Daun Betina
Lihat Juga Videonya Cucak Daun beraksi Klik

Habitat di Alam
Alam liar burung ini berasal. Cucak Daun sangat lincah, bergerak di antara dahan dan dedaunan, terkadang terlihat menyusuri bunga yang terdapat nectar bunga, sedangkan Hutan primer dan sekunder mereka tinggal, sering terlihat selalu berdua dengan satu pasangan, lebih menutup diri terhadap kelompok burung lain, konon galak sama burung lain yang berukuran kecil dari dirinya.

Makanan Faforitnya Cucak Daun
Cucak daun sangat suka Pisang, pernah saya kasih pisang muli yang kecil dia lahap juga, buah-buahan, ulat, serangga, jangkrik, belalang, kupu-kupu, nyamuk dan biji-bijian, nektar bunga juga suka karena rasanya yang manis.

Burung Cucak daun saat pagi berkicau luar biasa, pada saat mau dikasih makan dia sangat riang kicaunya, seolah gembira sekalih ramai mengila, saat-saat itulah yang paling saya sukai terhadap burung ini, dan coba sahabat pagiberkicau dapat melihat Videonya di sini Burung Cucak Daun berkicau.

Sahabat mungkin bisa mencoba bagi yang pemula, burung ini membutuhkan perawatan yang tidak begitu sulit, jadi tidak usah risau bagi pengemar yang tidak ada waktu untuk merawat, cukup apa saja yang dapat dilakukan seperti pada pagi hari sebelum berangkat kekantor, bersihin kandang dan menganti pakan, beri serangga secukupnya pisang kalo bisa selalua ada, air minum ganti yang bersih, demikinan juga pada saat sore atau malam sepulang kerja kita bisa tambahkan ulat hongkong atau jangkrik 3-4 ekor, sambil anda menikmati kicauanya, Kalo akang ada madu murni juga boleh cukup seminggu 1-2x cukuplah biar rada bertenaga buat siburung.

Nah pada saat anda libur ne mandi dan memanjakan burung, itu waktunya. Selamat mencoba. Sebelum anda mencoba memiliki burung lain seperti Cucak ijo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)