Burung kecil Harga Jutaan Blackthroat

http://www.pagiberkicau.com/
Burung Blackthroat 

Subuh tampak cepat menjelang siang, matahari terlihat muncul terang menerobos cela-cela daun pohon manga depan rumah, hangat menambah kepanikan akan berangkat ke kantor, semua terlihat sibuk, kedua putriku terlihat berhias, bersiap dengan harinya, rutinitas sekolah, semangat yang luar biasa terlihat dari geraknya.

Sarapan dan teh manis sudah tersedia di atas meja, umi tampak sibuk di dapur dangan mesin kesayangannya, mesin cuci. Kedua tangannya bergerak lincah sesekali terlihat mengenggam sendok penggorengan, rasanya hari yang menyenangkan, kami berusaha untuk cepat.

Perjalanan berangkat ke kantor bersama anakku sembari mampir kesekolah, yang kebetulan satu jalur dengan sekolah anak, jadi sekalian jalan, walau 14 km. masih harus kutempuh, bersama sepedah motor buatan India ini, lumayan teman kemanapun aku pergi.

Pejalanan dari Baleendah cukup lancar, hingga sampai di kiaracondong terlihat masih pagi waktu cukup buat sarapan di warung, karena tadi tidak sempat sarapan hanya segelas the manis yang aku teguk, Warteg langananku menjadi teransit awal sebelum masuk keparkiran kantor, saat itu saya sangat menikmati sarapan di warteg itu, sesekali mata ini terganggu oleh salah satu kurung yang didalamnya terdapat burung kecil, bulu dan tubuhnya terlihat sangat tidak menarik tetapi suara kicauannya yang terdengar nyaring dan mengkristal indah.

Kulanjutkan lagi ritual pagiku menghabiskan sarapan nasi warteg itu, saat itu warung sedang sepi kebetulan baru saya saja yang sedang makan di tempat itu, kucoba bertanya membuka obrolan ke pemilik warteg, mengenai burung mungil itu, Burung kecil ini bernama Blackthroat, ukuran tubuhnya sangat kecil hampir sama denagn ukuran tubuh burung Kolibri.

Dari cerita si Emas burung ini didapatkan dari pesanan anakan dari penangkaran sahabatnya. Harga dari penangkaran saja, umur 4 bulan dibandrol 600 ribu. hingga 700 ribu perak, lumayan mahal untuk burung sekecil itu, tetapi para pecinta Pagi berkicau tentunya tidak mempermasalahkan harganya, dibanding dengan apa yang dihasilkan dari kicauannya yang luar biasa itu, kekaguman dari kicauanya yang ngerol panjang dan penuh fariasi yang begitu banyak, tentu saja banyak juga isiannya, bagus juga buat masteran burung lain seperti burung Titimplik, penghobi tentunya akan senang mendengarkanya.

Menu Makan Blackthroat
Untuk makanannyapun sangat mudah di dapatkan, soalnya hampir sama dengan pakan burung kenari, biji-bijian, seperti  Milet, Biji sawi, Niger seed, Biji lobak serta sesekali sayuran dan telur puyuh sebagai pilihan menu utama, yang menjadi kombinasi dari makanan sehari-harinya.

Harga Burung
Budidaya burung Blackthroat di Indonesia mulai berkembang di ternak oleh para pecinta burung tanah air, walau sudah banyak tetapi tidak menurunkan harga burung Blackthroat ini, burung ini cukup tinggi harganya di antara kelasnya. Untuk burung dewasa istilah pengemar burung, seribu hingga dua ribu perak yang berarti 1 juta sampai dengan 2 juta rupiah untuk burung dewasa yang sudah rajin berkicau. Konon sodaranya Burung Edel Sanger, juga harganya lumayan juga.


Menurut si Mas burung ini bagusnya di tempatkan di dalam rumah, untuk memper indah ruangan bagi pecinta burung berkicau, dengan kombinasi kurung yang indah menambah keindahan kicauannya yang luar biasa. O…ya  kalo burung jantan itu ada warna hitam di lehernya.

http://www.pagiberkicau.com/
Burung Blackthroat Afrika

Afrika tempat asal Burung Blackthroat ini, bisa kita bayangkan mereka hidup diantara pepohonan di benua Afrika, denagn savana membentang luas, dan alam yang begitu indah, alam liarlah yang membentuk kicauan yang begitu indah, suara yang keras dan melengking, walau tak sebanding dengan postur tubuh yang begitu kecil. Blackthroat hadir di Indonesia melalui jalan Impor, walau sekarang yang ada di pasar-pasar burung kebanyakan dari budidaya, yang dilakuakan pengemar Burung.

Sahabat Pagi Berkicau pastinya ingin memelihara burung yang satu ini, memang harganya yang lumayan merogoh kocek yang lebih dalam, agar dapat membawa pulang burung Blackthroat ini, tapi pasti puar denagn kicauanya, dan perawatanya juaga sangat mudah, selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)