Si Beo Burung Pintar

http://www.pagiberkicau.com/
Burung Beo (Gracula religiosa robusta)


SATU LAGI BURUNG EKSOTIS INDONESIA, Beo Nias atau Nias Bayan (Gracula religiosa robusta) merupakan salah satu subspesies burung beo yang ditemukan  di Pulau Nias, endemik ini terdapat daerah Sumatera Utara, beo Nias ini memiliki ukuran tubuh lebih besar dari pada sepesies lain dari jenis burung beo.

Burung ini burung yang tidak bisa bernyanyi hanya menirukan kicauan burung lain, tetapi Beo Nias ini burung yang termasuk burung pintar karena burung ini dapat menirukan beberapa suara manusia, bahkan suara apapun yang bisa ia tiru, suara stater motor pun burung beo ini bisa menirukanya.

Klik disini untuk melihat Video Beo bersuara seperti Manusia.

Beberapa tahun kebelakang kira-kira 2014, saya menemukan di salah satu toko burung diantara sangkar ada beberapa ekor burung beo tangkapan hutan, dan saya mencoba bertanya-tanya tentang asal muasal burung yang penjual dapatkan. Ternyata ada seseorang yang mengirimnya, sedangkan si penjual sebagai penampung burung itu saja, yang bikin saya bengong harganya pun sangat murah Rp.600.000,- dengan burung sebagus ini dihargai sangat rendah.

Menurut keterangan Kang Irwan, burung beo tidak semuanya bisa menirukan sura manusia, dan sangat beraneka ragam, ada juga yang menirukan sedikit kata-kata manusia dan ada pula yang dapat menirukan lebih banyak kata, dan itulah burung yang dihargai mahal konon paling rendah antara 3 juta hingga puluhan juta. wow ... kalo dipikir memang burung cerdas ini cukup unik dan sangat jinak pada manusia. 

Sehingga hanya para pecinta burung sejati saja yang dapat memiliki burung cantik ini, selain harganya yang cukup tinggi, juga perawatan yang musti lebih baik karena dengan perawatan yang buruk kemungkinan burung ini malas untuk diajarkan bicara layaknya manusia.

http://www.pagiberkicau.com/
Burung Beo (Gracula religiosa robusta)

Dengan ukuran tubuh 40 cm. Beo Nias memiliki ukuran yang cukup besar dibanding dengan burung beo lainya. Dengan bulu yang dominan berwatna hitam, sedangkan bagian sisi kepala hingga kebelakang kepala ada daging berwarna kuning terang, dengan dasar bulu yang berwarna hitam menjadikan warna kuning trlihat lebih mencolok, menjadikan burung ini mudah dikenali.

Sedangakan pada cakarnya berwarna kuning, begitu juga pada paruhnya warna oranye, kuning terang meruncing keujung paruh, sedangkan iris matanya berwarna coklat gelap, pada ujung sayap ada sedikit warna putih.

Mereka hidup dengan pasanganya di alam, dan serinkali terlihat juga berkelompok, burung beo nias sangat suka buah-buhan, dan paling sering mekan buah ara, terkadang juga memakan serangga, Nektar dan binatang kecil terkadang memakan kadal. Perkawian mereka antara bulan April-Juli, mereka bertelur tidak banyak hanya 2 telur saja.

Hidup di lingkungan yang kelembaban serta bercurah hujan cukup tinggi dan hidup diantara pepohonan besar, sedangkan tempat tinggal dan tempat bersarang diantara lubang pohon. menghuni disebagian besar hutan hijau, dan hutan gugur basah serta tepian hutan.

Burung pintar lain seperti Burung Kakaktua, juga burung yang sangat terkenal burung ini sangat banyak jenisnya yang asli Indonesia, kita menjadi sangat bangga bahwa dinegeri kepulauan ini menyimpan ribuan jenis burung salah satunya Beo, menjadi surga bagi burung cantik.

  
8 Jenis Beo yang Tersebar di Belahan Asia Tenggara
Burung Beo yang termasuk kedalam species Gracula Religiosa.

1. Gracula Religiosa Robusta - Beo Nias sekitar. Sumatra
2. Gracula Religiosa - Asli India timur, Cina selatan, Indochina, Thailand, Malaysia
3. Gracula Religiosa Peninsularis - India, Myanmar.
4. Gracula Religiosa Intermedia - Thailand, Vietnam, Kamboja dan Indochina
5. Gracula Religiosa Palawanensis - Palawan (W Filipina)
6. Gracula Ptilogenys - Sri Lanka
7. Gracula Religiosa Andamanensis - Andaman Islands.
8. Gracula Religiosa Religiosa - sekitar. Borneo, Sumatra, Belitung, Jawa dan Bali.

Burung Beo ini sangat mengesankan kalo dilihat di Alam terbuka, mereka memakan buah pisang yang matang di pohonya lihat Video Klik


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)