Jangan Jual Burung Branjangan Anda Sebelum Berkicau

http://www.pagiberkicau.com/
Branjangan, Titimplik

BURUNG BERSUARA KRISTAL TITIMPLIK. Akhir tahun Bersama burung branjangan, November hingga Desember entah darimana datangnya setiap toko burung dari sekian banyak ada salah satu sangkar yang di penuhi burung titimplik, yang bikin gemas adalah harganya yang cukup murah, burung bersuara Kristal ini yang banyak disukai para pecinta burung ocehan.

Hanya dengan beberapa minggu saja burung ini ludes dipasaran, menghilang diantara penjual, padahal saat itu adalah musim hujan dan burung ini cenderung sulit untuk berkicau, dan kemungkinan mati sangat besar, tetapi bagi para pecinta burung titimplik tahu bulan penuh hujan ini akan berakhir, menjadi musim panas yang panjang, walau hujan terkadang turun tapi insesitasnya berkurang saat bulan Januari kedepan.

Saya punya satu dari pencarian di bulan Desember burung ini dibandrol di para penjual dengan harga Rp 60-100 ribu, itu burung bakalan, memang cukup sulit dan membutuhkan kesabaran yang luarbiasa dalam menunggu burung ini mulai ngiriwik, dengan ngiriwik saja kita sangat senang, apalagi berkicau lebih lepas, wow … kita pasti sangat senang.

Perawatan dan Pakan yang Baik
Proses perawatan yang intensif agar burung titimplik ini tetap pada kondisi baik, untuk acara mandiin burung lihat cuaca dulu, danjangan terlalu basah cukup permukaan bulunya saja, sedangakan pakan serta vitamin juga harus di perhatikan, seperti pakan yang harus diberikan setiap hari, dan tambahan serangga yang musti di berikan setiap pagi. 

Pakan utama adalah biji canary seed, dan tambahan serangga, jangkrik sangat mudah didapat, tetapi serangga yang lebih bagus yaitu belalang hijau. Kroto semut itu juga di berikan tetapi tidak setiap hari, seminggu 3x, dan jangan lupa kalsium yaitu tulang balakutak atau sotong itu juga perlu di sediakan di dalam sangkar.



http://www.pagiberkicau.com/
Titimplik

Penjemuran
Setelah burung dikeluarkan dari krodong, dan proses pembersihan sangkar dan pemberian pakan dan pengantian air munum, pertama yang musti di perhatikan adalah seandanya titimplik kita ingin ngiriwik, simpan diantara burung yang suka berkicau dan penjemuran dilakukan di bawah sinar matahari langsung, cukup dengan digantung dengan burung lain seperti burung Canary atau yang lain, biasanya burung yang suka sekali berkicau, agar mental si titiplik terangsang untuk mengeluarkan kicauan halusnya.

Di alam burung Titimplik hidup di ladang yang gersang, savanna yang kering, diantara bibir pantai yang bercadas, serta semak belukar, jadi jemurlah burung ini saat matahari sedang terik hingga sore, ini pengalaman yang saya dapatkan dari sahabat pecinta burung berkicau, yang kerjaanya membentuk atau menjadikan burung menjadi berharga tinggi.

Kurangnya sinar matahari titimplik cenderung bermalas-malasan di tempat teduh atau teras, jadi gantunglah sangkar ditempat yang terkena sinar matahari.

Burung Titimplik seandainya sudah ngiriwik harganya cukup lumayan, bisa empat kali lipatnya seandainya sudah berkicau harganya dapat mencapai jutaan, kesulitan dalam merawat serta denagn suaranya yang banyak sekali fariasinya yang menjadikan burung ini berharga mahal.

Apalagi Branjangan kita ikut dalam kompetisi beberapa lomba dan yang pastinya burung ini akan lebih berharga andai mendapat gelar atau memenangkan salah satu lomba, disitulah burung branjangan atau titimplik ini berharga jutaan.

Seperti di daerah Bandung dan salah satunya daerah Setiabudi, Hegarmanah sering kali mengadakan kontes burung branjangan, yang di adakan pada hari sabtu atau mengikuti jadwal panitia lomba.


Burung Titimplik, Branjangan


Beberapa hari terakhir saya jalan-jalan ke pasar burung Sukahaji Bandung, memang yang terlihat dominan burung Lovebird di setiap pedagang burung, selain burung lain juga banyak, ku coba menelisik diantara pedangang didalam pasar, beberapa Branjangan yang sudah berkicau nampak di antara gantungan, terlihat cukup banyak, dan aku terhenti diantara beberapa gantungan ada salah satu burung Branjangan yang tiada henti-hentinya berkicau, beberapa saat langkah ini terhenti sekadar menikmati kicauan indahnya si Burung Branjangan, isianya sangat banyak, pokonamah mantap, bikin ngiler ingin memilikinya.

Jadi jangan jual dulu burung branjangan anda untuk para pecinta branjangan, kesabaran dan ketelatenan dalam merawat burung ini sangat di haruskan, karena sekali berbunyi serasa sangat luarbiasa senengnya. Selamat menikmati ngiriwiknya burung Branjangan. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)