KELUARGA BURUNG BRANJANGAN (Tawny Grassbird)

http://www.pagiberkicau.com
BURUNG Megalurus timoriensis 

KELUARGA BURUNG BRANJANGAN. Megalurus timoriensis. Desember curah hujan begitu tinggi, hari libur menjadi kambuh malas, tidur dan makan, nonton film, atau bermain bersama keluarga hanya didalam rumah, hari sabtu yang sangat menjenuhkan. Keesokan harinya cuaca begitu cerah luar biasa, serasa sinar hangat menebus bumi melumuri seisinya, tampak berkilauan diantara dedaunan.

Tidak berfikir panjang lagi, perlengkapan sudah dipersiapkan sejak kemaren berharap 2 hari menjadi mimpi yang indah dalam perburuanku. Lensa, kamera dan kelengkapan lainya, hanya satu yang agak ragu untuk di bawa tripod, terlalu kecil serasa kurang meyakinkan untuk di bawa kemedan sulit, tetapi itu yang ada.

http://www.pagiberkicau.com
BURUNG Megalurus timoriensis

Tidak jauh daru tempat tinggal, lokasi Birding yang akan didatangi saat ini, berharap dapat burung yang diharapkan, dari informasi di salah satu sahabat di (Komunitas Photographer Bandung Selatan) yang sudah terkenal itu. Burung Cekakak atau Common kingfisher. Yang mendiami daerah tersebut, mereka seringkali terlihat di daerah tersebut, daerah perairan dengan ikan yang melimpah dan jauh dari pemukiman, burung kingfisher ini tinggal.

Setelah menyusuri dan mulai pencarian yang cukup panjang, burung kingfisher, tidak diketemukan. Tapi tidak menjadikan patah semangat karena saat itu menemukan burung yang selama ini sangatku sukai, Burung penghuni semak-semak kering daerah dataran rendah, padang rumput basah, pingiran  lahan basah, serta lahan rawa, Burung ini keluarga Branjangan.

http://www.pagiberkicau.com
BURUNG Megalurus timoriensis


Tawny Grassbird, burung ini bisanya di temukan di tanah kering atau pingiran pantai, penyebaranya sampai di berbagai belahan Dunia, yaitu; Australia, Papua-Nuw Guinea, Filipina dan termasuk Indonesia. Betapa bahagianya burung ini ada di Bandung, dan setelah beberapa jam diamati, ternyata dia tidak sendirian terlihat ada beberapa ekor, yang baru diketahui, mungkin lain waktu biasa menemukan lebih banyak lagi. Dan akan kembali menemuinya.

Terlihat dia suka sekalih dengan larvaserangga, menurut keterangan jantan dan betina burung ini hampir sama, musim kawin antara bulan Juni sampai dengan Desember, dan mungkin dapat terjadi dilain waktu, sedangkan sarang mereka terbuka seperti cangkir, di taro diantara semak belukar dan alang-alang, sedangkan betinanya dapat bertelur 2-5 butir telur.

Saya memotret burung ini diantara pohon trembesi rendah, dan Semak-semak dipingiran perairan lahan basah.

http://www.pagiberkicau.com
BURUNG Megalurus timoriensis
Ketahui juga, Sejara pemecah Rekor Dunia 8.398 Spesies burung, Phoebe Snetsinger
Sahabat yang ingin melihat Videonya Klik  



Megalurus timoriensis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)