Si Kamuflase Burung Cabak (Caprimulgus affinis )

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Cabak Tidur di Siang Hari
Burung Unik berbulu batik dominan warna coklat, Burung Cabak yang indah. Kalo dilihat bentuk mukanya seakan mirip burung hantu paruhnya kecil, dengan mata yang besar serta pupil matanya yang lebar. bulu-bulunya konsisten dari badanya hingga kepala warna batiknya menjadi penyamaran yang luarbiasa pada siang hari begitu sempurna, ketika mereka tidur disiang hari hampir tidak terlihat tubungnya menyerupai tempat dan dimana dia beristirahat. Di siang hari burung ini tidur, karena dia terbangun dikala senja tiba, malam hari burung Cabak terbang mencari sesuatu yang bisa mereka makan. Pada malam hari paling sering kita dapati di daerah perkotaan, dan sering hinggap di atas gedung dan tiang listrik, terbang berputar-putar dengan suara yang keras, mungkin suara kerasnya juga memantul diantara tembok gedung, hingga menggema "tip.tiwip ... tip.tiwip." Sambil terbang.
http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Cabak Terbang saat Senja

Burung Cabak dewasa memiliki tubuh berukuran kecil, antara 23-27 cm. Makanan kesukannya ialah serangga, yang ia dapatkan saat terbang dimalam hari, dengan bantuan sinar lampu di perkotaan, burung ini terbang dengan cepat, dan berputar-putar diantara sinar lampu kota menyambar serangga.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Sarang dan Telur Burung Cabak
Pada sianghari Burung Cabak tinggal diantara semak-semak, dan diatas tanah, serta diantara atap gedung di daerah perkotaan, sering juga terlihat diantara bilahan batu. Burung ini lebih senang bersarang di tempat terbuka, tanpa memikirkan keselamatan dirinya dari hujan dan panasnya cuaca, dengan bulu yang dapat berkamuflase burung ini merasa aman dari gangguan predator lain. Masa kawin Burung Cabak antara bulan Mei hingga Desember, Lekukan tanah atau cela batu menjadi sarang mereka dalam meletakan telurnya, tanpa alas lain seperti ranting kering yang di anyam atau di kumpulkan, seperti burung pada umumnya, walau terkadang burung cabak tidur pada siang hari di antara dedauanan kering, telur yang dihasilkan dari burung betina 2-3 butir telur yang mereka erami. Rasa kagum akan Burung Cabak Kota yang memiliki penyamaran yang luar biasa.









Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)