Cekakak Rimba yang Eksotis, Fores Kingfisher (Halcyon macleayii)

http://www.pagiberkicau.com/
Cekakak Rimba
AWAL JANUARI 2018KINGFISHER biasanya hari-hari sebelumnya turun hujan tiada henti, Alhamdulillah, hari itu cuaca sangat bersahabat, cerah dan berawan seakan menandakan akan hadirnya suasana yang lembut. Hangat berbalut sinar mentari pagi.

Hari ini berharap burung buruanku, aku dapatkan burung cekakak, yang konon memiliki hubungan dekat dengan burung si rajaudang dan menurut informasi burung jenis ini memiliki keluarga yang cukup banyak dan semua termasuk burung keluarga Alcedinidae atau burung Kingfisher, dan di Indonesia ada 45 spesies burung ini, ternyata cukup banyak ya! pantesan para birding Bandung selatan, sering menemukan burung-burung eksotis ini, dan menguploadnya di Group, Facebook.

Kingfisher, burung ini kicaunaya monoton dan kurang begitu indah, tapi bagi para Birding Bandung menjadi buruan yang mengasyikan, betapa tidak dengan sepeies sebanyak itu, serta memiliki bulu yang beraneka warna, dan sunguh menonjolkan warna-warna yang mencolok, indah untuk dijadikan objek foto.


http://www.pagiberkicau.com/
Cekakak Rimba

Burung ini seringkali terlihat, dan hidupnya sangat dekat dengan perairan, seperti sungai, telaga, rawa, dan danao, serta genangan yang jarang dijamah manusia, sedangkan cara burung ini mencari makan, dengan menunggu mangsanya di atas air, bertenger di dahan atau ranting pohon, menunggu mangsanya muncul dipermukaan, lalu menyambar mangsanya atau menukik.

Burung Cekakak, sangat menyukai ikan, siput kecil, serangga, katak dan kadal, itu semua menjadi makanan faforitnya, yang tersedia di semua perairan. 


http://www.pagiberkicau.com/
Cekakak Rimba

Walau wilayah penyebaranya di Indonesia cukup luas, tetapi saya menemukan beberapa pasang, saat itu dan berkeliaran di tempat perairan ini, dan saat itu sangat membahagiakan buatku, untuk mengambil gambarnya.

Burung Kingfisher ini sangat gesit, dan peralatan yang saya bawa tidak lengkap, itu yang mengakibatkan saya kesulitan untuk mendekatinya, betapa sangat mengejutkan akhirnya saya mendapatkanya, walau membutuhkan waktu yang cukup lama, Bersyukur walau tidak terlalu jelas.

Fores Kingfisher (Halcyon macleayii) burung ini ternyata burung yang menetap, dilihat dari warna bulunya pada bagian pungung berwarna biru terang. Warna biru membalut sebagian tubuhnya dan warna putih pada dadanya hingga dibawah paruhnya dan dinamakan burung Cekaka Rimba.


http://www.pagiberkicau.com/
Cekakak Rimba

Mudah mudahan di kemudian hari burung ini tetap terjaga kelestariannya, dan berkembangbiak secara alami dialam, dan menjadi tugas kita semua untuk menjaga burung cantik ini, Burung Kingfisher.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)