Si mungil Burung Prenjak (Birding Bandung)

http://www.pagiberkicau.com/
Burung Prenjak

Burung Prenjak, Minggu pagi menjadi hari yang ditunggu, setelah sepekan sibuk dengan rutinitas kantor, dan sabtu menjadi sangat sibuk dirumah, berkumpul melepas semua waktu untuk keluarga tercinta. Setelah semalam Batrai kamera terisi penuh, pagi ini menjadi, pagi yang membahagiakan.

Walau lokasi tujuan lumayan dekat, tapi agak malas untuk berjalan menelusuri persawahan untuk sampai dilokasi tujuan, burung ini berada didalam area pohon jati, burung lincah mungil si prenjak. Motorku mulai meningalkan halaman rumah pelan sesekali mataku tak berhenti melihat sekitar, karena pagi itu menjadi sangat mengasyikan, selain cuaca cukup cerah juga tidak terlalu terik matahari berlahan muncul bersama hangatnya pagi.


http://www.pagiberkicau.com/
Burung Prenjak

Tidak lama kemudian sampailah ditempat yang kami tuju, walau sering kali disetiap perburuan ini, si pipit selalu mejeng seolah ingin di foto, diantara bunga rumput disetiap sisi jalan, kuparkir simerah ditempat yang nyaman, kunci ganda agar aman dan birdingku menjadi nyaman.


http://www.pagiberkicau.com/
Burung Prenjak

Mulai dari sisi berjalan menelusuri jalan setapak, mencoba memahami medan pada saat berjalan mendekati sebuah kolam ikan yang berada disisi hutan jati. Seketika terkaget dengan kicauan si burung Kingfisher, terbang tepat di hadapan, dalam hati berkata, burung ini ternyata tersebar di daerah ini, dan perairan menjadi tempat dimana burung Cekakak si rajaudang ini, berkembangbiak.

Burung Kingfisher ini sangat mengangguku, dan ku kejar berharap dapat gambar yang keren, dan kukejar-kejar ada beberapa ekor terlihat, bulan desember hingga januari, adalah musim kawin burung ini, setelai di intai luput dan akhirnya aku pun putus asa. dan kembali tersadar bahwa burung buruanku kali ini adalah, si Prenjak, burung bersuara keras melengking, pemakan serangga itu.


http://www.pagiberkicau.com/
Burung Prenjak

Tidak butuh waktu lama burung Prenjak ini aku dapatkan, lumayan gambarnya walau tidak begitu jelas, tetapi cukup membuat bahagia, dan puas karena birdingku tidak sia-sia, burung lincah terlihat terbang meloncat diantara pohon dan cabang jati, dan pohon selong yang tumbuh diantara pingiran pohon jati.

Ciri khusus burung prenjak ini berparuh runcing, pada bagian kepala ada warna mahkota kecoklatan, tubuhnya hanya 10 cm. dan burung ini bersarang di antara daun, burung ini termasuk burung penjahit, karena saranya yang sangat unik. Makanan kesukanya yaitu; serangga, ulat, kupu-kupu, larva, dan kroto telur semut.


http://www.pagiberkicau.com/
Birding Bandung Burung Prenjak
Jadi berbahagialah buat sahabat pagi berkicau, yang suka birding, setidaknya mengisi waktu untuk menikmati alam dan isinya, serta makhluk indah yang menghiasi pepohonan dan langit, membuat semua lengkap betapa mengagumkan Burung yang ada di sekitar kita.

Video Burung prenjak kepala merah di bawah ini. Klik


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)