Burung Trinil (Common sandpiper)

http://www.pagiberkicau.com/
Common sandpiper 
Musim berganti awan mulai pergi dari cerahnya pagi, masih di sekitar rumah, alam menyajikan semua yang di inginkan manusia, sungai besar yang membelah Jawa Barat mulai surut seiring musim hujan telah berganti, walau terkadang air jatuh dari langit saat malam hari tetapi tidak begitu deras.

Hari senggang telah menjadi aktifitas yang cukup indah, untuk pencarian si cantik bersayap, saya berjalan diantara pingiran sungai besar itu, sambil menghirup udara segar dan semilirnya angin gunung yang menuruni lembah.

Duduk sambil menikmati sepotong roti dan air mineral bekal sekedar pelepas lelah, sambil mengawasi gerakan dan kicauan burung-burung yang saya kenal, sekilas mataku melihat dibawah pingiran suangai yang penuh dengan segmentasi tanah, yang terbawa arus sungai dari lereng gunung wayang, ada seekor burung terlihat agresif, bergerak cepat dan dengan paruh yang panjang, seketika saya berfikir kenapa ada disini sepertinya aku kenal, aku keheranan seakan tidak percaya bahwa burung  Trinil pantai atau bahasa latinya (Common sandpiper ) ada di sini.

http://www.pagiberkicau.com/
Common sandpiper 
Dia terbang dan aku ikutin, secara diam-diam, berusaha terus untuk bisa dekat denganya. Hanya sebentar saya melihatnya dan menikmati cantiknya burung ini, seperti biasa mengendap-endap sambil merayap diantara rerumputan pingir sungai, berharap tidak mengagetkan si burung, tapi apa yang terjadi burung Common sandpiper sangat sensitif. Dan kameraku tidak cukup jauh untuk menangkap gambarnya.

http://www.pagiberkicau.com/
Common sandpiper 

http://www.pagiberkicau.com/
Common sandpiper 
Tak sempat aku mendokumentasikan dengan video, harap-harap cemas, tapi cukuplah aku melihatnya walau gambar sedikit blur. Tetapi saya cukup senang bahwa setiap perairan pasti ada penghuninya, etah burung apa yang tiap kali singah atau mencari makan di situ, selain burung Kingfisher yang tinggal, juga burung lain juga singah untuk mencari makan, ku harap suatu saat aku bisa bertemu si Common sandpiper lagi, tapi entah kapan karena burung itu burung laut sedangkan Bandung jauh dari laut. Salam Pagiberkicau
Kunjungi juga cenel Youtub kami dibawah ini ya sahabat. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)