Hitam Putih Burung Kacer (Copsychus saularis)

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Kacer (Copsychus saularis)

Burung kacer si bulu hitam putih. Andai kita jalan-jalan di toko burung, burung Kacer ini jarang sekali di jumpai, karena burung ini tergolong burung mahal, dan sangat langka berada di tukang burung begitujuga di pasar burung, paling kalo ada juga hanya satu ekor saja dalam kurung disetiap penjual.

saya mencoba berjalan-jalan di tukang burung sekalian ada yang harus dibeli beberapa jenis pakan, dalam setiap pekannya pakan burung musti selalu tersedia, sekalian melihat-lihat perkembangan dan burung jenis apa saja yang ada diantara penjual, barang kali ada yang sreg untuk di bawa pulang. Toko burung yang biasa, burung yang dijual biasanya jenis-jenisnya umum yang sering kali di pelihara para pecinta pagiberkicau, sedangkan tukang burung yang sering mangkal dan berpindah-pindah pake sepedah itu, biasanya burung yang dijajakan burung hasil tangkapan liar yang sengaja di titipkan oleh para pemburu burung alam, burungnya sangat berfariasi setiap harinya, burung tangkapan liar sangat terlihat dari tingkahnya, gagarabagan pada saat di dekati.

Pada saat kita amati cukuplah, tidak terlalu dekat, sedangkan soal harga cingcay, bisa ditawar ampe teler disaku ada cepe bisa dapet 2 ampe 3 ekor, siapin aja kandangnya dirumah. tapi masalahnya siapin juga seribu alasan dan rayuan untuk bisa akur ama bidadari dirumah. Jangan sampe setelah pulang kerja, kurung ama burungnya pindah ke gantungan tetangga. Hehehe .., cerita pribadi.

Saat itu terdengar suara kicauan merdu, ada kurung yang tergantung di pohon mahoni, lincah dengan ekor yang selalu bergerak-gerak keatas sambil mengeluarkan pesona bunyinya, ku coba mendekati ternyata saudara dari burung Murai batu, burung yang tergolong mahal dikelasnya. Burung kacer ini juga hanya beberapa orang yang memiliki, dengan suaranya yang indah, bergerak lincah bersamaan dengan ekornya yang panjang tegak lurus.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Kacer (Copsychus saularis)

Kebanyakan orang lebih suka dengan suaranya yang bagus, dan burung ini bertubuh besar panjangnya antara 19-20 cm. Sangkarnya pun terlihat bagus dikelasnya, konon asal burung ini dari Asia tenggara, termasuk Indonesia yang cukup banyak aneka ragam burung-burung yang tersebar di seluruh nusantara.

Burung Kacer ternyata kehidupan dialam terbuka dekat dengan lingkungan manusia, jadi cukup mudah untuk dijinakan, ciri yang khas burung Jantan warna hitamnya lebih legam dibanding si betina agak kusam, mereka suka hidup di tanah dalam mencari makananya, jadi cukup buat pengetahuan kita kira-kira apa saja makanan kesukaan mereka, Reptil kecil, serangga, semut, kelabang, ikan-ikan kecil.

Masa kawin, pada bulan Januari hingga Juni, dan mereka berdua membuat sarang, lubang pohon atau celah yang terdapat pada dinding gedung menjadi faforitnya, sedangkan sebagai dasarnya, rumput kering, ranting dan jerami, dalam seminggu mereka bekerja membuat sarang, betina menaruh telurnya 4 sampai 5 butir, selama 14 hari si induk mengerami hingga menetas.


Pagi berkicau pasti sangat suka dengan burung ini, selain bagus dengan suaranya, harganyapun lumayan agak tinggi, jadi musti baik-baik dalam merawat dan memberikan pakan yang seimbang. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)