Prenjak Pertanda Kedatangan Tamu.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Prenjak

Prenjak, (Prinia familiaris) burung mungil sahabatku di siang hari, pengalaman masa kecil, burung ini seringkali hadir disaat keheninggan siang hari, disaat orang terdiam sehabis lohor setelah makan siang, tampak bermain lincah diatas pohon mangga, dan berpindah kepohon jambu air yang penuh bunga, dengan suaranya yang lantang memecah heningnya siang itu, disambuat angin sawah yang mengalun menelisik mendesir diantara daun bambu tali.

Burung Prenjak nama dari burung ini, menjadi simbol masyarakat, seandanya burung ini hadir berkicau di halaman rumah, penghuni rumah sangat senang, konon menurut mitos burung ini menjadi tanda kebahagiaan yang sangat dinanti, menimbulkan rasa kangen terhadap orang yang medengarnya, mengembalikan memori akan masa silam dimana saudara atau kerabat jauh yang lama tidak bertemu akan hadir atau singah kerumah, rumah yang didatangi burung prenjak yang berbunyi keras, dan kicauan burung prenjak itu sangat indah. Allahualambisowab.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Prenjak

Sampai sekarang rumah baru yang aku tinggali, dan pengalaman masa kecil menjadi memori tak terlupakan hingga sekarang, memiliki rumah kecil serta keluarga cecil yang aku sayangi. Pohon dan taman kecil aku buat dihalaman teras, berharap menjadi arena bermain burung prenjak, aku senganja menanam pohon manga dan pohon nangka, berharap burung-burun yang lain datang dan singgah kerumah, seringakali terlihat burung pipit, gereja, prenjak, dan sesekali terlihat burung kacamata, mengingatkanku masa-masa indah di kampung, damai rasanya mendengar kicauannya.

Kebiasaan cerita rakyat yang bikin hati dan memori kembali kemasa lampao, dengan kesederhanaan masyarakat kita akan tanda-tanda alam sekitar menjadi cermin budaya yang tak mudah dilupakan, seperti halnya adanya kupu-kupu coklat yang masuk kerumah disaat sore mejelang magrib, konon menjadi tanda datangnya rezeki. Hehehe ... entah apa yang menjadikan pemikiran itu terjadi, mungkin hanya terjadi di daerahku saja.

Burung Prenjak burung kecil yang imut dengan kicauan suara yang keras dan membuat bising telinga, burung yang dekat dengan lingkungan manusia, habitat burung ini sangat luas selain perkebunan, persawahan, semak belukar hingga taman-taman yang berada di sekitar kita. Makanan burung Prenjak adalah serangga kecil, seperti jangkrik, ulat, capung, belalang, telur semut kroto. 

Mereka sering singah di pohon jambu air yang sedang berbunga, karena banyak serangga yang hadir di pohon yang sedang berbunga, sehingga serangga melimpah terbang mengambil nektar bunga, disitulah burung prenjak hadir.


http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Prenjak
Ciri Khas Prenjak.

  • Prenjak Kepala merah, dikarenakan pada bagian mahkota hingga seluruh bagian kepalanya berwarna merah bata.
  • Ukuruan tubuhnya dari paruh sampai ekor kurang lebih 11 cm.
  • Pada tubuh burung prenjak bulu-bulu halus serta pungungnya berwarna abu-abu, kecuali bagian bawah kepala warna abu agak gelap, sedangkan pada sayap dan ekor berwarna colat.
  • Paruh panjang layaknya burung pemakan serangga, runcing.
Dengan Hobi mengamati kicauan dan jenis burung, ternyata ada beberapa saudara dari burung prenjak ini, yang mendiami alam ini, yaitu:

  1. Prenjak kepala merah
  2. Prenjak rawa
  3. Prenjak padi
  4. Prenjak dada kelabu
  5. Prenjak coklat
  6. Prenjak Rufescent
  7. Prenjak kepala karat
  8. Prenjak dada hitam 
Sahabat Pagi Berkicau coba kita nikmati Burung prenjak yang berkicau lantang di alam bebas, tentunya kita bisa merasakan volume kicauanya yang sangat luar biasa.





 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)