9 Jenis Induk Burung Lovebird yang Eksotis

http://www.pagiberkicau.com/
1. Black-collared Lovebird (Lovebird Kerah Hitam tidak Berkacamata)

1. Black-collared Lovebird Agapornis swindernianus


Lovebird kerah hitam (Agapornis swindernianus) juga dikenal sebagai lovebird, panjang tubuhnya 13,5 cm, keluarga burung beo Afrika kecil di genus Agapornis. burung ini sebagian besar bulunya berwarna hijau, dengan garis hitam di bagian belakang leher, seperti halnya kerah, paruh bengkok ke abuan hitam, jantan dan betinanya hampir sama bentuknya.


http://www.pagiberkicau.com/
2. Burung Lovebird (Lovebird Madagaskar tidak Berkacamata)

2. Gray-headed Lovebird Agapornis Canus


Istilah Lovebird beruban, jantan berkepala putih seperti uban, atau Madagaskar Lovebird (Agapornis canus) adalah spesies kecil dari burung beo dari genus juga Lovebird. Spesies hanya jantan dewasa memiliki warna abu-abu pada bagian atas kepalanya. Burung ini menjadi penghuni  asli di pulau Madagaskar, dan satu-satunya spesies Lovebird yang bukan dari benua Afrika. Lovebird memiliki ukuran yang paling kecil, sekitar 13 cm,  sedangkan beratnya 30-36 gram. Untuk burung betinanya seluruh tubuhnya dominasi warna hijau, Burung ini suka sekalih biji-bijian seperti biji bunga matahari.


http://www.pagiberkicau.com/
3. Burung Lovebird ( Lovebird Muka Merah tidak Berkacamata )

3. Red-headed Lovebird Agapornis Pullarius

Lovebird berkepala merah (Agapornis pullarius) juga dikenal sebagai Lovebird berwajah merah adalah anggota dari genus Agapornis, Sepasang kekasih burung lovebird dari Afrika, muka lovebird ini berwarna merah dan panjang tubuhnya 13-15 cm. burung ini sebagian besar bulunya berwarna hijau, kakinya berwarna abu-abu.

Sedangkan jantan bagian muka hingga kepipi dan bagian atas paruhnya merah, sedangkan betinanya ada warna oranye pada bagian kepalanya, dan paruhnya berwarna merah pucat. Betina membuat sarangnya di sarang rayap di pohon terkadang diatas tanah, mengali lubang seperti trowongan.

http://www.pagiberkicau.com/
4. Burung Lovebird ( Lovebird Abisina tidak Berkacamata )

4. Black-winged Lovebird Agapornis Taranta

Lovebird Sayap Hitam, seluruh tubuhnya berwarna hijau, diatas dahinya ada warna merah dan pada lingkar matanya bulat melingkar warna merah serta pada paruhnya, burung diatas adalah burung jantan sedangkan sibetina seluruh tubuhnya berwarna jijau. Lovebird sayap hitam ini memakan biji-bijian, biji bunga matahari, jagung, apel dan buah ara. Telur mereka di simpan di rongga pohon.



http://www.pagiberkicau.com/
5. Burung Lovebird ( Lovebird Muka Salem tidak Berkacamata )

5. Rosy-faced Lovebird Agapornis Roseicollis

Lovebird wajah kemerahan, burung ini di alam liar hidup di daerah kering di Afrika barat, di hutan luas berdaun, semi-gurun, dan daerah pegunungan, yang ketersediaan sumber air dan berkumpul  di sekitar kolam untuk minum, dan juga mereka mandi.  Lovebird ini hidup bersosial dengan kelompok-kelompok kecil, mereka makan sepanjang hari dengan kawanan mereka, mandi menjadi aktifitas yang menyenangkan kelompok ini.
 
Lovebird ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil 17-18 cm. sebagian besar bulunya berwarna hijau, sedangkan ekor berwarna biru, yang menjadi cirikhas burung ini memiliki wajah merah muda bergradasi terang kearah leher, sedangkan iris mata berwarna coklat dan kakinya berwarna abu-abu.
 
Makanan Lovebird ini biji dan buah, ketika makanan berlimpah mereka dapat berkumpul dengan kawanan kelompok besar, hingga menimbulkan suara yang ribut serta keras. Lovebird membuat sarang diantara celah batu. Lihat juga burung ini sedang makan Klik


http://www.pagiberkicau.com/
6. Burung Lovebird ( Lovebird Kacamata Ficher )

6. Fischer's Lovebird Agapornis Fischeri

Lovebird yang Fischer (Agapornis fischeri) adalah spesies burung paruh bengkok kecil dari genus Agapornis. Lovebird Fischer memiliki warna hijau pada punggung, dada, dan sayap, sedangkan pada bulu lehernya kuning keemasan dan hingga ke atas menjadi warna oranye. Bagian atas kepala berwarna hijau muda, sedangkan paruhnya berwarna merah cerah.

Panjang tubuhnya 14 cm. burung lovebird memiliki daya tarik yang menawan, bagi para pecinta burung tanah air, karena memliliki warna yang beraneka macam indahnya, setelah mengalami proses perkawinan silang salah satunya lovebird Albino yang indah dll.


http://www.pagiberkicau.com/
7. Burung Lovebird ( Lovebird Kacamata Topeng )

7. Yellow-collared Lovebird Agapornis Personatus

Kuning berkerah Lovebird Agapornis Personata, juga dikenal sebagai Masked Lovebird. Ditemukan di Tanzania, burung ini menjadi lebih indah disukai para pecinta burung karena memiliki topeng atau mata cicncin, dan lovebird kacamata, untuk harga jenis ini mendominasi harga tertinggi para pecinta Lovebird, keindahan dan telah mengalami proses mutasi genetika yang menjadikan burung ini beraneka ragam dan memiliki warna-warna cerah yang lebih indah, seperti beberapa nama dibawah ini.
  1. Lovebird Personata biru
  2. Lovebird Personata Aqua Pastel
  3. Lovebird Pastel Personata
  4. Lovebird Personata bera
Menu makan burung ini tidaklah sulit, beraneka macam biji (millet, bunga matahari. Buckwheat, niger, rami, safflower, kacang, jagung manis, biji rami, pinenuts, barley), buah-buahan dan sayuran juga menjadi kombinasi menunya. (apel, jeruk, buah kiwi, buah ara segar, buah, buah juniper, bayam, wortel), untuk sayuran hijau (daun dandelion, daun kubis, dll).

Burung ini sangat banyak terdapat di penangkaran, yang dibudidayakan oleh manusia. Proses penetasan atau inkubasi berlangsung selama 21 hari. Lihat juga Aktifitas mereka di Video Klik



http://www.pagiberkicau.com/
8. Burung Lovebird ( Lovebird Kacamata Pipi Hitam )

8. Black-cheeked Lovebird Agapornis Nigrigenis

Black-cheeked LovebirdLovebird hitam-cheeked memiliki panjang tubuh 14 cm, bulu-bulunya dominasi warna hijau, dahi coklat kemerahan, pipi berwarna hitam kecoklatan dan leher, serta oranye derta kebawah kekuningan hijau muda, melingkar cincin putih pada sisi mata, serta kaki berwarna abu-abu.  

Burung dewasa memiliki paruh merah cerah, vokal suaranya sangat keras, di alam liar lovebird ini terlihat bersama jenis lain Lovebird Lilian. Makanan Burung ini biji-bijian rumput, jagung, dan miller, serta buah ara. 


http://www.pagiberkicau.com/
9. Burung Lovebird ( Lovebird Kacamata Nyasa )

9. Lilian's Lovebird Agapornis lilianae

Konon Burung ini sulit untuk di budidayakan hanya yang memiliki pengalaman khusus yang dapat melakukan penangkaran, lovebird ini jantan lebih kecil dibanding betinanya, panjang tubungnya sekitar 13 cm. 

Menu makan Lilian Lovebird  Biji millet, biji bunga matahari, rami, safflower, kacang, jagung manis, biji rami, pinenuts, barley), buah-buahan (apel, jeruk, buah kiwi, buah ara) dan sayuran (bayam, wortel)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)