7 Cara merawat Cucak Daun Berkicau Tiap Hari

http://www.pagiberkicau.com/
Cucak Daun

BURUNG CUCAK DAUN memang tidak sepopuler, sodaranya cucak ijo yang kicauanya luarbiasa dan tidak ketinggalan denagn gaya kicauan sembari teler, itulah yang menjadikannya cucak ijo menjadi sangat disukai para pecinta pagiberkicau.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana caranya, burung kesayangan kita menjadi tetap pada kondisi prima, berkicau setiap hari, itu bukan suatu yang mustahil agar burung setiap hari selalu berkicau, tentunya ada beberapa tips yang akan menjadi sering yang akan saya kemukakan.

Awalnya saya dapatkan burung cucak daun ini dari penjual keliling, biasanya burung yang di jualnya hasil tangkapan hutan atau titipan orang, tetapi yang saya dapatkan dari si akan yaitu, tangkapan hutan, ada 3 buah sangkar yang masing-masing berisi burung cucak daun, dalam memilih memang butuh pengamatan yang lebih seksama dalam menyeleksi burung yang akan kita bawapulang, yang pasti burung jantan, dan memiliki tubuh bugar dan sehat, pada waktu itu burung buruanku kurang menarik, karena keadaan bulu ekornya tidak ada, burujul, tapi yang pasti sesuai harapan.

Bahwa ekor tidak menjadi kreteria mutlak, soalnya nantinya juga tumbuh lagi, dengan yang lebih bagus, yang musti kita pilih tubuh lebih besar, warna bulu lebih menonjol atau cerah tidak kusam dan sehat, soal harga lebih murah karena burung dalam keadaan liar, dan bulu ekornya tidak ada.

Burung tangkapan hutan bisanya sudah pasti gegerabagan, atau giras dan pakanya masih yang dimakan dialam belum makan Voer, tapi makanan alam seperti ulat, buah, dan serangga itu bisa didapatkan di toko pakan.

http://www.pagiberkicau.com/
Cucak Daun Gacor
Usahkan burung dimasukan kedalam sangkar yang lebih besar, agar burung lebih rilek dan leluasa bergerak, dan usahakan burun dalam keadaan tenang, sebelum sebelum burung berinteraksi dengan kita, tempatkan sangkar ditempat lebih tenang dulu agar burung dapat menyesuaikan dengan lingkungan barunya, sore harinya gunakan kerodong kurang lebih 2-3 hari setelah itu burung sudah hilang stresnya, baru kita mulai berinteraksi.

Cara merawat agar burung selalu berkicau.

Tahapan-tahapan musti kita lakukan agar kita mendapatkan hasil maksimal, burung ini sehat dan selalu berkicau dan yang pastinya bikin kita adem dan bahagia. Ini buat akang yang sibuk bekerja.
  1. Pagi hari kita keluarkan, buka kerodong atau seandainya tidak dikrodong, bersihkan sangkar serta ganti minum burung, kalo sepat karena kotorannya tidak terlalu banyak, jadi santai bisa besok.
  2. Beri pisang karena ini menu utama burung cucak daun, pisang apa saja burung ini doyan. 
  3. Beri 4-5 ekor jangkrik hidup simpan ditempat terpisah, tidak usah khawatir dengan kaki jangkrik karena cucak daun dapat membuanya sendiri.
  4. Madu sebaiknya berikan seminggu 2-3 saja, untuk memulihkan setaminanya, perlu diketahui bahwa burung cucak daun, di alam memakan nektar jadi dia suka juga dengan madu.
  5. Untuk ritual mandi burung ini suka sekalih mandi, hampir setiap hari, kalo tempat minumya besar pasti di gunakan untuk mandi, jadi irit waktu untuk memandikan.
  6. Gantung sangkar di tempat yang terkena sinar matahari langsung, biar burung dapat menikmati hangatnya matahari pagi, kalo tidak burung ini cenderung malas seandanya dari semenjak dikeluarkan digantung pada tempat teduh. Jemurlah cukup 1-3 jam, antara pukul 06-30 – 09.00 cukuplah.
  7. setelah itu tempatkan pada tempat yang teduh di teras. kalo kita keburu berangkat kerja ... ya, kita dapat melibatkan istri atau sodara kita untuk memindahkan saat penjemuran, ketempat yang teduh.

Setelah semua itu dilakukan insyaallah, kita dapat menikmati kicauan yang seru, burung ini senang sekali menikmati makan jangkrik, tidak henti-hentinya berkicau, burung cucak daun ini sebagai teman kita menikmati sarapan pagi dan secangkir semangat, mantap ... !!!

Untuk sorenya sebainya burung dimasukan kedalam rumah, dan ditempatkan dimana kita bergerak, ramai agar burung dapat menyesuaikan dengan lingkungan manusia, memang awalnya pasti giras tetapi lambat lahun akan terbiasa.

Saran dari sahabat bahwa burung agar jinak, pakan yang disediakan dibatasi porsinya supaya burung merasakan lapar, dan latih dengan memberikan jangkrik dengan satu-persatu mengunakan tangan kita, itu akan memberikan efek kedekatan dengan kita, tapi tidak ada salahnya sesekali kita coba, walau kadang merasa kasihan dengan burung kesayangan kita.

Demikian cara merawat burung serta sering dari saya bagaimana berinteraksi dengan pagiberkicau apapun burunya yang pasti kita senang berharap burung yang kita miliki berkicau setiap saat, dan terkadang menjadi iri sahat, “Si cucak daun tiada henti berkicau walau sambil males-malesan disiang hari” hehehe … selamat mencoba sahabat Burung Cucak Daun, lihat juga aksinya dalam Video disini Klik .


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)