Si Cantik Cerewet Burung Lovebird

http://www.pagiberkicau.com/
Lovebird Kacamata

Minggu pagi waktunya istirahat dari rutinitas, saatnya hunting dengan membawa burung kesayangan, si pagi berkicau, betapa bahagianya saat-saat hobi menjadi aktifitas berbagi bersama pecinta pagi berkicau kali ini, saya akan berbagi tentang kisah si cantik yang cerewet, ramenya pecinta burung menambah warna dalam hubungan sosial dilingkungan tempat tinggalku.

Lovebird burung cantik yang berbulu lembut nan indah, bulu yang beraneka warna dari satu jenis Lovebird, tentunya sahabat berkicau sudah tahu banyak tentang burung ini, betapa tidak, burung ini sudah sekian lama bersama sahabat pecinta burung di Nusantara, walau burung ini konon bukan burung asli Indonesia tetapi Lovebird ini berasal dari benua Afrika sana, konon ada 9 spesies yang hidup hingga sekarang.

Segelas kopi hitam menemaniku bersama sahabat berkumpul ditaman kompleks, rasanya menyenangkan, saat itulah mata saya tak henti-hentinya mengamati burung lovebird ini yang dibawa oleh sahabat saya, suaranya menyerecet dan tiada henti burung ini bunyi.

Burung siparuh bengkok ini, dari bahasa Yunanai, AGAPE yang berarti Cinta dan ORNIS yaitu Burung. Burung Cinta tetapi burung ini tetap orang menyebut namanya burung Lovebird, bukan burung cinta, agak centil kaliya kalo disebut burung cinta. Tetapi dari tingkahnya burung ini ketika berdua terlihat nampak mesra, seakan menunjukan kasih sanyangnya serta berpelukan, dan saat berpelukan tidak hentinya mengeluarkan kicauannya, sifat penyayang di tunjukan dari pasangannya yang setia, dan perkawinan monogamy yang menjadikan burung ini menyandang nama LOVEBIRD, dan mungkin itu dilihat dari salah satu kejadian bahwa lovebird itu burung setia.

Dari 9 genus Agapornis ini, menjadi warna yang indah dari setiap karakter bulu burung lovebird, bahakan di Indonesia warna bulu dari lovebird ini menentukan juga dari harga yang disandangnya. Semakin indah bulunya makin mahal harganya, beraneka warna dan keindahan burung lovebird.


http://www.pagiberkicau.com
Burung Lovebird

Ciri yang menjadikan burung ini khas yaitu, matanya yang bulat dan bening, dan garis yang melingkar di pingir matanya yang membuat tampak tegas, paruh bengkok, bulu yang lembut, tingkahnya yang sudah jinak sangat mengemaskan, seperti salah satu dari burung yang berasal dari Madagaskar, dengan bentuk kepalanya oval berwarna abu-abu, dengan sayap berwarna kebiruan yang istilahnya lovebird kacamata atau bertopeng, tingkahnya yang sangat mengemaskan.

Ternyata saat ini burung lovebird ini sangat digandrunggi, oleh para pecinta pagi berkicau, selain perawatanya yang sangat simple, tidak butuh pakan yang beraneka ragam, setiap harinya cukup dengan Biji oat atau haver (Avena sativa) serta jagung manis itu juga tidak setiap hari diberikannya, dan dengan tambahan yang lain untuk nutrisi tambahan toge, kangkung, buah apel sebagai menu tambahan tersebut agar burung rajin bunyai.

Sahabat pagiberkicau yang pemula, saya sarankan burung ini dapat menjadi pilihan yang baik dengan perawatan yang tidak begitu sulit, dan pakan yang tidak terlalu rumit, Burung lovebird menjadi salah satu pilihan, walau harganya lumayan tinggi, tetapi burung ini cukup meramaikan rumah anda dengan suara cerecetanya.

Harga burung ini pernah turun dengan harga antara Rp 250.000,- 300.000,- itu juga yang biasa, walau sekarang mulai merangkak naik, mungkin dikarenakan permintaan burung ini makin meningkat, sehingga burung ini menjadi salah satu buruan yang menyenangkan bagi para pencinta pagi berkicau, menurut informasi, Desember 2016, harga burung ini mencapai nilai tertinggi di atas 2 jt. Biasanya burung tersebut sudah melalui proses tingakat lomba, dan memiliki sertufikat yang dikeluarkan oleh salah satu iven lomba menjadi burung juara.

Yellow-collared Lovebird Agapornis personatus

Matahari pagi yang hangat mulai meninggi, ritual mandi menjadi ajang yang menyenangkan, menganti pakan dan memberikan vitamin tambahan, serta membersihkan kandang, sesekali dari salah satu sahabat menyetel Mp3 untuk memancing burungnya untuk berkicau, obrolan membahas burung menjadi aktifitas serius saat itu, sampai lupa matahari menyengat kulit hari mulai siang.

Betapa bahagianya para pecinta Pagi berkicau, dalam menikmati suasana silaturahmi di lingkungan tempat tinggal kami, walau apa pun burung yang dibawanya ke gantungan beraneka macam, tetapi menjadi suasana yang sangat mengasyikan, penuh kehangatan para pecinta burung. selamat mencoba Burung Lovebid si cerewet yang cantik.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)