Si Cantik yang Eksotis Burung Luntur Jawa (Javan Trogon)

Foto Seno Teguh, Burung Luntur Jawa (Javan Trogon)

BURUNG LUNTUR JAWA. Si Cantik tertangkap kamera diantara semak dan pepohonan di salah satu daerah hutan pingiran kota Bandung, Burung Luntur Jawa atau Javan Trogon, sedangkan nama ilmiahnya ialah Apalharpactes Reinwardtii, tanpa kita sadari bahwa hutan kita masih berpenghuni Burung-burung cantik, walau kicauan yang dihasilkan tidak begitu merdu seperti burung kicau lainnya, tetapi habitat aslinya menjadi harapan dalam kelangsungan perkembangbiakanya.

Jawa bagian barat menjadi hunian nyaman bagi habitat spesies burung endemic ini, demikian juga Burung cantik Murai Hijau Jawa, yang tidak kalah cantiknya dengan bulu-bulu eloknya, membuat para pecinnya terkagum ingin rasanya menjadi bidikan bagi para Birding.

Burung Luntur jawa menurut sumber lain di Asia Tenggara terdapat 12 spesis, burung tersebut yang tersebar di beberapa Negara di Asia. Sedangkan di Indonesia di temukan dibeberapa hutan salah satunya di Jawa Barat, Gunung Patuha Tilu, Gunung Wayang, Gunung Papandayan, Gunung Halimun, Gunung Salak, dan Pangrango, mungkin malabar juga ada. Jadi bukan tidak mungkin burung ini terlihat di pingiran kota Bandung, dimana Akang Seno Teguh tinggal.

Betapa bahagianya apabila seorang birding menemukan sasaran yang tidak bisa dibayangkan hadir di hadapan kamera, tentunya butuh waktu berhari-hari hingga berbualan-bulan untuk menemukan burung langka penghuni hutan.

Mereka sangat suka terbang dari cabang pohon ke pohon yang lainya, terbangnya tidak terlalu tinggi, walau gerakan saat terbang sangat cepat. Luntur jawa cenderung suka menetap dan tidak melakukan migrasi. Burung cantik ini memiliki bulu berwarna terang pada perutnya dan lembut. Sedangkan burung dewasa panjang tubuhnya dapat mencapai 34 cm. Kalo cirinya bisa diliahat langsung pada Gambar. Keren banget hutan kita penuh dengan satwa burung yang eksotis seperti ini. Gincu yang melekat di parungnya ibarat lipstik merah menawan.

Burung Luntur Jawa (Javan Trogon)

Makanan Luntur Jawa
Serangga menjadi menu faforitnya seperti belalang, ulat, dan serangga kecil lainnya, begitu juga dengan buah-buahan yang pohonya tumbuh di dalam hutan menjadi santapan burung ini salah satunya buah ara. Mereka Bersarang dilubang-lubang pohon rapuh dan disarang rayap, betina bertelur 2-4 butir telur yang berwarna pastel, putih.

Rasanya sayang burung ini di pelihara, alangkah baiknya biarkan mereka berkembang biak secara alami di habitatnya. Kita dapat merasakan betapa cerah dan indahnya burung ini terlihat diantara rimbunnya pohon dalam hutan, dominasi warna hijau dedauanan, menjadi terlihat sangat menonjol warna-warna burung ini, dari warna Biru, hijau, kuning, Oranye, merah, serta kombinasi warna campuran alam yang memesona.

Kang Seno tidak henti-hentinya birding dan menjadi hobi yang sangat serius dalam mengisi waktu dengan semangat bersama komunitas fotografer Bandung selatan, betapa tidak bahwa hobi yang sangat mengasyikan ini dapat menghasilkan uang, sekalian konserfasi Burung langka yang masih ada, yang mediami hutan-hutan di Jawa Barat serta seluruh Indonesia.   

Sumbe Foto Seno Teguh ( Senior & Junior fotografer Indonesia)
Beberapa karakteristik Burung Luntur Jawa (Javan Trogon) Video Burung Luntur jawa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)