Birding Urang Bandung

Foto Komunitas photografer Bandung selatan. Birding Bandung

BANDUNG BIRDING, Bandung diriung ku gunung, Bandung di kelilingi gunung dan gunung penuh dengan pepohonan, lembah dan air yang cukup melimpah, siapalagi kalo bukan pagi berkicau. Hutan di jawa barat cukup luas dan beberapa kotanya mulai berkembang, serta penduduk mulai bertambah begitu juga dengan pola pikir masyarakatnya yang mulai peduli dengan lingkungan dan keanekaragaman hayati yang terdapat di tanah air kita.

Birding biasanya kegiatan ini dilakukan oleh para pencinta burung di Barat sono, tapi tidak lagi bahwa di bandung pun mulai bermunculan para photographer pecinta satwa yang satu ini yaitu Burung. Hewan yang satu ini memang sangat mempesona bagi para pecintanya, selain dengan bulu-bulu beranaka warna dan juga memiliki suara-suara yang merdu menjadikanya para pecintanya tergila-gila, dengan suara kicauannya.

Seperti halnya sahabat saya yang bergelut di bidang photographer, sebelumnya dia bekerja di salah satu studio Photo yang sangat terkenal di Kota Bandung, ‘Kang Seno’ dan nama di facebook Seno Teguh.

Dia sekarang mengeluti dunia birding hobi baru yang awalnya hanya beberapa orang saja dan sekarang menjadi semakin banyak dan bertambah banyak, seiring pecinta hobi Birding, menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Taman Kota Bandung


Bandung kota indah yang di penuhi dengan taman-taman yang penuh dengan pepohonan rindang dan rapat, yang sangat-sangat disukai Burung, para pecinta birding dapat memulai dari taman-taman kota seperti, Taman Lansia, Taman Ganesha, Taman Balaikota, dan taman-taman yang lain di sekitar Kota Bandung.

Beberapa penghuni taman kota Bandung seperti burung berparuh bengkok seperti Nuri, Parkit, Jalak, Kutilang, Kolobri, Tekukur, Puter, (Oriental Whiteeye) Sikecil burung kacamata dan burung-burung lainnya.

Burung kacamata (Oriental Whiteeye) 

Bandung dikelilingi banyak sekalih gunung dan perbukitan, serta bukit-bukit yang tersebar luas, seperti halnya tempat-tempat terbaik untuk birding seperti gunung manglayang, gunung Tangkubanprahu, Malabar, Patuha dan keselatan lagi banyak sekalih sport birding yang keren.

Saya waktu itu sengaja berkunjung kerumah kawan dan kebetulan rumah Kang Seno Teguh tempat tinggalnya tidak jauh dari situ, dan kami bertemu bada magrib, dan dari obrolan teman lama yang baru ketemu, yang tentunya seru, dan memulai membahas pengalaman serta kegiatan yang dia lakukan selama ini, birding di beberapa tempat di Jawa Barat, dia mulai cerita tentang dari kisah migrasi burung, menemukan burung langka, tempat yang terdapat pohon mistis, hingga menungu bidikannya keluar dari sarang, untuk mendapatkan hasil Photo yang di inginkan, sehingga dia harus menunggu berjam-jam sampai berhari-hari, yang tidak kalah seru seringkali menemukan jejak-jejak telapak kaki Harimau yang masih baru, pokonamah seru.

Kamuflase Birding

Dari kisah yang diceritakan bisa kita bayangkan betapa begitu susah payah untuk mendapatkan photo si kicau ini. Dan juga misi menyelamatkan burung dari perangkap yang di pasang para pemikat burung liar, dan juga mengusir para penembak yang sembarangan membunuh burung-burung yang dilindungi.

Tidak terasa rasanya obrolan kami serasa sangat singkat, karena kang Seno Teguh harus berangkat lagi, malam itu dia harus berangkat menuju Majalengka Jawa Barat, saya pikir itu hobi yang menyenangkan, bisa jalan-jalan berpetualang di hutan belantara.

Surganya birding di Indonesia sangat memanjakan para pecinta birding untuk mendokumentasikan sebuah karya yang luarbiasa dari banyaknya serta ribuan jenis burung asli Indonesia yang tersebar di seluruh nusantara.



Siapkan kamera profesional yang mumpuni, serta lensa panjang agar tidak perlu mengendap-endap, cukup dengan jarak yang jauh untuk mendapatkan bidikan gambar yang sempurna, memang tidak hanya kamera, tetapi juga uang saku juga harus tebal untuk sebuah hobi yang luarbiasa.

Indonesia timur menjadi impian yang sangat mengiurkan bagi pecinta birding, walau daerah lain juga menjadi buruan yang harus di jelajahi, tetapi surganya birding berada di Indonesia bagian timur yaitu Papua, dan beberapa daerah-daerah serta pulau-pulau di belahan bumi Indonesia, untuk semua itu siapkan kamera yang oke, dan duit yang banyak.
Selamat Berburu 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)