Burung Gagah Jalak Brahmana (Brahminy Starling)

http://pagiberkico.blogspot.co.id
Burung Brahmana, (Brahminy Starling)

Rasa kagum yang tidak henti-hentinya, menikmati karteristik dan bentuk tubuh yang sangat menggagumkan, Burung Brahmana, Brahminy Starling nama yang cocok untuk burung sebagus ini, mengingatkan akan keindahan saudarnya Burung Jalak Bali Asal Indonesia, dengan ciri kemiripan di atas mahkotanya jambul yang panjang menjuntai.

Karakter kombinasi yang mendekati kemiripan dengan Jalak Nias dengan bulu-bulu punggung berwarna coklat, serta jambul panjangnya di kepala, ada kemiripan dengan Jalak Bali. Burung yang sempurna dan sangat indah, serta kicauan yang menunjukan burung ini memiliki suara yang sangat merdu.

Karakter gagah terlihat disaat burung ini bertengger dan berkicau, dengan ciri-ciri burung cantik ini, memiliki mata putih dan iris mata yang hitam, pada kepalanya terlihat Jambul berwarna hitam pekat serta bulu coklat terang dari perpaduan yang sempurna di bagian tengah kepala ke bawah hingga perut, serta bulu-bulu pada punggung warna coklat pucat, sedikit warna hitam menghiasi ujung pada sayap dan ekor serta sedikit warna putih pada bagian bawah ekor. Dan juga pada pangkal paruhnya yang berwarna biru, meruncing kombinasi keujung paruh berwarna kuning, terlihat juga pada kakinya berwarna kuning terang.

http://pagiberkico.blogspot.co.id
Burung Brahmana, (Brahminy Starling)

Di alam bebas burung ini terlihat bermain dan mencari makan dengan pasangannya, terkadan bersama kawanan kecilnya dalam mencari makan, dihabitat terbuka di dataran Asia Selatan salah satunya India. Burung Brahmana bersama kawanannya berjalan dengan langkah kecil, di atas tanah mencari makanan kesukanya, yaitu serangga dan rayap yang seringkali menjadi santapan faforitnya.

Brahminy Starling, Burung jalak ini pemakan segala bahasa kerenya omnivora, bukan hanya serangga, seperti belalang, jangkrik, rayap, ulat, mereka juga memakan buah-buahan seperti burung jalak pada umumnya. Tanah adalah tempat burung ini beraktifitas, mencari makan diantara padang rumput dan tanah terbuka yang dekat perairan. Mereka bersarang pada lubang dan rongga pohon.

Untuk para pengemar pagi berkicau tidak ada salahnya memelihara burung cantik ini, dalam menambah koleksi kicauanya. Tetapi burung ini sangat jarang kita temui di pedagang atau pasar burung, mungkin karena belum adanya penangkaran yang serius dan pengembangbiakan burung ini secara luas di daerah.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)