Sikicau Sahabat Mamalia (Oxpecker)

Burung kutu, adalah burung pemakan kutu, termasuk burung yang suka membersihkan parasit dan kutu, karena sebagian besar kutu menjadi makanan mereka. kawanan mereka cukup banyak, mereka seperti pasuakan pembersih yang bekerja membersihkan kotoran, vacuum cleaner untuk hewan mamalia besar.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Kutu (Oxpecker)

Burung spesies dari Afrika Selatan, Sub Sahara. Burung Kutu memiliki warna bulu coklat agak kusam, dan ukuran tubuhnya dengan panjang 20 cm. ada dua spesies yaitu, Paruh kuning (Buphagus Africanus) dan Paruh merah (Buphagus Erythrorhynchussubfamili yang lain ialah Jalak (Sturnidae). Warna paruh mereka sebagai ciri yang lebih menonjol dalam membedakanya.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Kutu (Oxpecker)

Burung kutu paruh merah, mereka makan pada mamalia besar yang memiliki bulu-bulu lebat, seperti Impala, Zarapah atau kuda Zebra. Sedangkan paruh kuning, burung tersebut mencari kutu dengan gerakan mematuk, mungkin karena paruhnya lebih tebal, mereka mencari makan pada binatang badak dan kerbau yang berambut pendek, serta mencari kutu hingga kedalam telinga.


Burung Oxpecker hidupnya bergantung pada binatang ternak dan binatang besar lainya, mereka bermain di atas punggung hewan besar, bersama kelompoknya dan hapir setiap hari mereka memakan kutu, lalat, larva dan parasit yang menempel pada kulit mamalia, dan juga berkumpul mengusir dan memakan lalat yang akan bertelur pada mamalia yang terluka.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Kutu (Oxpecker) Sahabat Mamalia

Banyak yang menganggap ini menjadi hubungan simbiosis di mana kedua belah pihak binatang tersebut saling mendapatkan keuntungan. Burung mendapatkan makanannya sedangkan mamalia mendapatkan keuntunggan hilangnya kutu yang menempel.

Masa kawin Burung kutu pada saat musim hujan, bertelur pada cekungan, dan lubang atau rongga pohon, burung betina paruh kuning bertelur 2-3 butir dan untuk paruh merah 2-5 telur. Sebagai lapisan sarangnya burung kutu mengunakan bulu-bulu mamalia yang mereka tumpanggi, terkadang tidak biasa mengambil bulu domba ternak dan rumput kering.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)