Si Jalak Kerak Nias (Indian Myna)

Burung Kerak lingkar mata kuning. Burung Indian Myna, konon nama tersebut dari india dari bahasa sangsekerta yaitu, Madana. Di Asia anggota keluarga burung jalak ini beradaptasi dengan lingkungan manusia, burung berkembang dengan pesat. 

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Jalak Kerak Nias

Di Austraria jalak nias ini populasinya meningkat, dan mereka sangat berprilaku agresif, dan dianggap salah satu spesies yang buruk, karena prilakunya mengusir pergi anak-anak burung lain yang baru menetas, di antara sarang-sarang yang berada di pohon. Bahkan membuangnya. 

Sedangkan di Indonsesia burung Jalak ini menjadi sahabat para pengemar burung berkicau, dengan suaranya yang lebih berfariasi dan keras, dibanding sodaranya burung kerak kebo. Burung jalak nias juga dapat menirukan beberapa bahasa manusia, serta burung jalak nias dapat juga dijinakan, jika dilatih secara serius jinak dan penurut kepada tuanya.

Ciri-ciri Jalak Nias
Burung jalak nias memiliki tubuh agak besar dan lebih panjang. Berbulu coklat pada sebagian besar tubunhnya, sedangkan pada bagian kepalnya memilki bulu-bulu hitam. Sedankan pada bagian sekitar mata ada kulit berwarna kuning melingkar meruncing kebelakang, sedangakan pada paruhnya dan kedua kakinya berwarna kuning cerah. Bagian bawah sayapnya ada warna putih, sedangakan burung Jantan dan betina hanya sedikit perbedaannya yaitu pada bulu jambul di bagian atas kepala sijantan dewasa, sebagian besar hampir sama. 

Asal mula burung ini berkembang keseluruh benua Asia Selatan, termasuk Pakistan, India, Nepal, Bhutan, Bangladesh dan Sri Lanka; serta Turkmenistan, Afghanistan, Kazakhstan, Myanmar, Malaysia, semenanjung Thailand, Indo-China dan China.

Makanan kesukanya seperti kebiasaan burung jalak, yaitu; serangga, belalang, jangkrik, reptil kecil, mamalia kecil, buah-buahan, seperti pepaya, pisang, dan juga biji-bijian, dan biasanya mereka mencari makan diatas tanah, diantara rerumputan. Terkadang burung Kerak ini terlihat mencari makannya bersama kelompoknya diatas punggung mamalia, mencari serangga yang menempel pada tubuh dan kulit mamalia di lapang terbuaka.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Jalak Kerak Nias

Burung ini di alam berkembangbiak dengan baik, disetiap tahun tergantung pada lokasi dimana banyaknya makanan, dan dimana mereka membuat sarang, dan sarang mereka di lubang-lubang pohon, serta dinding dan sebagai alasnya mereka mengunakan ranting kering, kertas, akar dan juga sampah. Burung betina menaruh telurnya sebanyak 5-6 telur, jumlahnya besar.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Jalak Kerak Nias







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)