Burung Penjaga Rumah (Suren Starling)

Jalak Suren asal Indonesia. Burung jalak suren seperti burung-burung jalak sejenisnya perbedaannya pada corak bulunya. Burung seperti sejenisnya jalak kebo, jalak putih, jalak sutra, Jalak batam, Brahmana, tetapi yang membedakan dari burung lain Jalak suren, meiliki suara yang nyaring dan lebih banyak fariasinya.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Jalak Suren Indonesia
Burung Jalak Suren merupakan burung liar yang sudah dikenal lama di Indonesia. Burung Ini memiliki tubuh berukuran sedang, dan memiliki karakteristik bulu dan memiliki warna yang dominan hitam dan sebagian putih sebagai warna idetitasnya, hitam di Leher, dada, dan tubuh bagian atas serta putih di kepala, sedangkan pipi kanan dan pipi kiri, serta pada bagian perut berwarna putih. Sementara kulit di sekitar mata adalah warna kuning atau oranye. Memiliki iris mata abu-abu, warna putih sampai keujung paruh dan kaki burung dewasa kuning. 

Videonya tonton juga di sini

Di alam burung ini hidup di dataran rendah, tetapi seringkali ditemukan di kaki perbukitan. Burung-burung ini biasanya hidup berkelompok, dengan kelompok kecil, dan sering terlihat terutama ditemukan di daerah dekat perairan terbuka. Seperti burung jenis lain dari jalak, burung Jalak suren tinggal di lubang-lubang pohon. 

Di Indonesia, penyebaran perkembang biakan utama spesies ini ditemukan di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Berbeda dengan Jalak Suren Malasya kualitas suaranya masih dibawah standar.

Burung Jalak Suren, Burung yang sangat menguntungkan oleh petani karena burung ini memangsa serangga yang dapat merusak kebun dan tanaman. Burung Jalak suren kemampuannya meniru suara manusia membuat mereka terkenal dan populer sebagai burung peliharaan yang pintar. 

Burung ini biasanaya menjadi burung penjaga rumah. Hal ini mungkin karena burung ini sangat sensitif. Jika ada orang yang datang ke rumah atau bertamu, burung itu akan berkicau dengan keras dan bunyinya bervariasi.
          
Sahabat kicau, memiliki burung Jalak suren, sangat menyenangkan. Perlu dicoba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)