Burung Unik Capercaillie (Skotlandia)

Capercaillie (belibis kayu). Capercaillie tinggal di Taman Nasional Inggris. Sebuah capercaillie Jantan menjadai salah satu oyek wisata alam yang paling menggagumkan, dan sayangnya burung ini mendekati kepunahan.

Karakteristik Burung Capercaillie hampir mirip dengan kalkun, capercaillie dewasa beratnya hampir 3kg. Capercaillie dengan nama ilmiahnya (Tetrao urogallus), adalah salah satu burung khas Negara Skotlandia. Burung ini menghabiskan waktu hidupnya ditanah serta diatas pohon-pohon dan memakan tunas pohon konifer, buah-buahan serta serangga dalam vegetasi tanah. Burung ini melakuakan perkawinan yang unik dengan betinanya. Pada musim semi, jantan berkumpul, lalu sijantan mengipasi ekor mereka dan membuat panggilan aneh mereka, untuk mempertahankan status mereka dengan burung lainnya. Kadang-kadang, ritual perkawinannya menjadi perkelahian yang dapat menyebabkan burung tersebut cedera. Burung betina mendekat dan kawin dengan Jantan yang mereka pilih. 


http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Capercaillie asal Skotlandia

Dalam membuat sarang sibetina sendiri tanpa bantuan dari burung Jantan. Sarangnya tersembunyi di semak atau di antara akar pohon. Betina biasanya meletakkan 5-8 telur, dan dibutuhkan waktu selama 28 hari untuk menetas. Setelah menetas Capercaillie muda meninggalkan sarang dalam satu hari dari sarang penetasan, Iduknya terus melindungi mereka dari cuaca extrim dan para predator seperti rubah.

Burung Capercaillie hidup di hutan pinus. Skotlandia dan terutama di habitat hutan yang cocok di Scottish Highlands. Spesies ini diyakini telah punah pada abad ke-18 dan burung asal Swedia itu kembali diperkenalkan pada abad ke-19. Pada awal 1970-an diperkirakan mungkin ada sekitar 20.000 burung, tetapi pada saat survei resmi dimulai pada awal 1990-an, angka ditemukan telah menurun menjadi sekitar 2.000 burung. Estimasi nasional terakhir adalah hanya lebih dari 1000 burung ini di perkirakan akan punah di Skotlandia pada tahun 2014 kecuali segera mengambil tindakan dengan penangkaran atau perlindunagan secara khusus. Dan penduduk setempat dimana burung ini berkembangbiak menjadi peranan penting dalam pelestarian burung Capercaillie.


http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Capercaillie asal Skotlandia

Capercaillie memerlukan wilayah hutan untuk berkembang biak dan bertahan hidup. Kehidup menjadi sangat penting untuk spesies asli lainnya yang hidup di habitat yang sama. Meskipun populasinya dari tahun-ketahun menurun menuju kepunahan, burung capercaillie tetap salah satu spesies paling terancam di Inggris.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)