Wisata Aneka Burung Pesisir Hutan Bakau

Sahabat perlu kita ketahui bahwa pesisir pantai adalah tempat habitat banyak jenis burung yang singgah dan bersarang di bibir pantai di hutan Bakau, pantai yang terdapat hutan bakau atau tanaman yang berada di muara sungai, terdapat bermacam-macam burung dan berkelompok, burung ini suaranya sangat ramai diterpa angin pantai yang melambai, menambah sensasi pemandangan dan kicaauan burung yang bersautan.
Burung Penghuni Hutan Bakau

Pagi buta setelah subuh berlalu, rencana sepekan yang lalu di rencanakan dan niatnya adalah mancing ikan bersama sahabat terdekat dilingkunggan rumah, saat akhir pekan tiba dan kami bersepakat berangkat setelah subuh, perlengkapan sudah di siapkan pada malam sebelum pemberangkatan, beberapa kail, joran serta kelengkapan mancing lainya. Berharap esok tidak terlambat, pagi itu persiapan telah lengkap, selain sarapan dan bekal. Rangsel yang kami bawa penuh dengan perbekalan.

Perjalana menjadi sangat mengasyikan, karena pagi masih sangat gelap dingin mengigil, menjadi suasanya yang melengkapi perjalana menuju pantai. perjalanan ditempuh dengan jarak kurang lebih 20 km. dan ditempuh hanya dengan waktu 45.00 menit. tidak terasa melewati 5 desa dan persawahan yang luas, di perjalanan mendekati pantai mentari pagi menyongsong kedatangan kami, pagi ini terasa hangat tubuh yang tadinya dingin mengigil menjadi hanggat. di pemberhentian akhir kami membeli beberapa kilo udang segar di pasar ikan, udang kecil untuk umpan, harganya sangat murah, cukup untuk kami memancing hingga sore.

Kami melanjutkan perjalanan menyusuri tambak-tambak ikan, dan menyebranggi sungai-sungai kecil, jalanya cukup lumayan untuk dua roda motor kami, matahari mulai beranjak naik silau menerpa wajah, pemandangan tambak-tambak ikan bandeng milik penduduk sekitar terlihat banyak dan ukuranya sangat luas, kami terus berjalan pelan.

Sesekali melihat kelangit begitu cerah, dan burung banggau atau warga setempat menyebunya blekok, kuntul sangat banyak dan sesekali terlihat bertenger di ujung-ujung pohon bakau. Dari rimbunya pohon bakau menjadi tempat burung-burung kecil hinggap. yang datang berkelompok, sesekali mengusik hasrat untuk mengamatinya, tetapi tujuan awal adalah mancing ikan. kami melanjutkan perjalanan, dalam hati terus terusik dengan suara burung tadi.

Burung cantik

Sampailah pada tempat yang kami tuju, muara sungai besar yang membelah desa dan kota kami, dan bermuara di pantai utara jawa, sungai Pemali menjadi daya tarik mancing mania, kami mulai mempersiapkan sarapan, selesai sarapan secangkir kopi pahit menjadi start kami untuk mempersiapkan alat pancing, ada yang unik di tempat ini, kail yang di pergunakan lebih dari lima karena ikan seperti mujaer dan nila, sangat melimpah sehingga dari kail yang banyak kemungkina akan mendapat ikan lebih bayak pula strike ikan yang menyangkut pada kail lebih dari satu. dengan asyiknya memancing dan ikan yang kami dapatkan melimpah. kami asyik menikmatinya.

waktu berlalu rasa ngantuk mulai menyapa, terik mulai menyengat kulit, dengan terpaan angin mengayun mata. Sontak kaget, tidak jauh dari kami memancing burung-burung di pohon bakau mengusik, suaranya gaduh, sepertinya ratusan burung ada di pepohonan itu. ku segera pergi dari tempat semula, menuju, rimbunan pohon bakau di bibir pantai, semakin dekat suara kicauan semakin keras, dan dengan langakah pelan mengendap-endap dan jongkok sambil mengamati keatas pohon bakau, rasa kagum dan tidak percaya betapa banyaknya burung disini, beberapa menit mengamati dengan seksama dan berharap burung-burung itu tidak terbang pergi. sedikit demi sedikit mencoba berdiri sambil menelisik mata tertuju pada burung jenis lain yang bersama didalam kewanan burung.
Tanpa disadari ternyata kawana burung ini tidak sendiri, ada beberapa burung lain bergabung, menjadi tambah ramai kicauan mereka.

Hutan Bakau

Sahabat tidak ada salahnya, pergi kepesisir pantai di hutan bakau, kalo lagi mujur akan menemukan kawanan burung air besar, entah itu apa namanya, sebesar angsa, terbang dengan paruh panjang. untuk para photografi sesekali berburu burung liar di pesisir pantai. pasti asyik.

Sesaat beberapa lama burung itu bersama-sama terbang dan pergi hinggap di pohon yang jauh. Sangat puas sambil terus berfikir betapa luar biasanya di alam terbuka masih ada burung-burung yang bebas di alam, di atas bumi ini. dalam kawanan burung yang di amati tadi ada beberapa yang dikenal dan ada juga yang tidak ku kenal, jenis burung ini mirip seperti burung pipit mirip Burung Mozambik, tetapi berbulu kuning, ada burung kutilang, burung gereja, dan sebagainya. dan mungkin kawanan burung yang bermigrasi sampai saat ini belum diketahui keberadaanya sekarang. pengalaman yang luar biasa buat ku.