11 Jenis Burung Cerdas Kakaktua.

Burung Kakaktua, tentunya kita sudah sangat familiar dengan nama burung ini, burung yang memiliki kecerdasan yang luar biasa dibandingkan dengan burung lain, burung yang sangat pintar di muka bumi ini. Kakaktua memahami struktur fisik layaknya manusia dewasa, mereka sangat sensitif terhadap objek-objek yang bergerak. burung kakaktua dapat belajar langkah-langkah dan akhirnya dapat menirukan sebagian gerak manusia. Menggerakkan benda yang terdapat di sekitarnya dengan menggunakan paru, lidah dan kakinya. Dan Kakaktua memiliki beberapa ras mereka dengan bulu-bulu yang menawan seperti. 


http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Jambul Putih
1. Kakaktua Jambul Putih (Cacatua Alba)
Kakak Tua ini memiliki panjang tubuhnya mencapai 45 cm. sedangakan seluruh bulunya berwarana putih, dengan kaki dan paruh berwarna hitam, di Indonesia sendiri habitanya di wilayah Maluku bagian tengah dan Maluku bagian utara.


http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Maluku

2. Kakaktua Seram, Maluku (Cacatua Moluccensis)
Jenis ini dengan cirihas seluruh bulunya berwarna putih  dengan nuansa bulu-bulunya berwarna merah muda, sedangkan dibagian kepalanya terdapat jambul yang berwarna jingga oranye. Abitat dan penyebarannya adalah di Pulau Haruku, Pulau Seram yang memiliki laut yang tenang, termasuk wilayah Maluku bagian selatan. Maluku ternyata memiliki banyak jenis burung yang langka.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Kakaktua Raja
3. Burung Kakaktua Raja (Probosciger Aterrimus)
Probosciger aterrimus adalah Kakak tua raja sedangkan, ciri-cirinya yaitu seluruh bulu-bulunya berwarna hitam, sedangkan panjang tubuhnya mencapai 55-70 cm. Ukuran yang cukup besar diantara kakak tua lain, sedangkan di bagian kepala serta pipi sekitar paruhnya ada kulit berwarna merah, dengan paruh berwarna hitam yang besar, dan yang uniknya lagi burung ini memiliki jambul yang eksotis, oh ... ya sahabat seperti rambut anak metal dapat berdiri tegak, sangat indah. Diketahui sepesias ini dengan bentuknya yang sepesifik hanya 3 jenis dengan ras yang serupa yaitu Atterimus Goliath, Atterimus Atterimus, dan Atterimus Stenolophus.
Pulau Irian dan Australia Utara mereka tinggal. Makanan kesukannya adalah biji-bijian, dan dengan paruhnya untuk memecah dan mengunyah makanan, kakak tua raja memiliki paruh yang ukuranya berbeda. Bagian atas dengan bagian bawah seingga paruhnya tidak bisa tertutup rapat.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Rawa
4. Kakaktua Rawa atau (Cacatua Goffini)
Burung ini memiliki tubuh kecil yang dewasa memiliki ukuran tubuhnya 30 cm. di bagian kelopak matanya kulit berwarna biru yang melingkar bulat dan ada bulu berwarna jingga sedikit dibagian dekat dengan paruhnya. Habitat dan perkembang biakannya di salah satu bagian pulau Maluku.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Korela
5. Kakaktua Korela dan dengan nama lain (Cacatua Sanguinea)
Burung ini hampir sama dengan burung Kakak tua Rawa, hanya yang membedakan kelopak mata atau kulit yang ada dilingkar matanya lebih besar dan juga berwarna biru terang, sedangkan panjang tubuhnya panjangnya 40 cm. Warna Bulunya putih, dengan sedikit sekali warna merah muda terdapat dibawah hidungnya. Burung ini lebih besar dari saudarnya Sanguinea Sanguinea dan Sanguinea Normantoni. Sedangkan penyebaranya dari Papua hinga Australia.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Galah
6. Kakaktua Galah (Eolophus Roseicapilla)
Burung kakaktua ini sering disebut juga kakaktua dada merah, warna merah mudanya seperti warna bunga mawar. Burung ini hidup di negara Australia, konon nama Galah adalah dari kata gilaa dari bahasa suku oborigin, yaitu bahasa yuwaalara.

Otoritas negara Australia sangat melindungi burung ini, dan larangan untuk membawa burung ini keluar dari wilayah Australia. Negara-negara eropa lainnya seperti Jerman, Belanda demikian juaga Afrika, hanya bisa mengkonservasi dengan penagkaran. sehingga dapat disebarluaskan keseluruh dunia, termasuk Indonesia

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakatua Jambul Oranye
7. Kakaktua Putih Jambul Oranye (Cacatua Sulphurea)
Burung Kakatua jambul jingga ini ukuran tubuhnya kecil. dengan panjang tubuhnya rata-rata 35 cm. Sedangkan bulunya berwarna putih cerah, ada jambul diatas kepalanya yang berwarna oranye atau jingga, di ekornya selaras nuansa warana oranye. Habitatnya terdapat di indonesia bagian timur tepatnya di Nusa Tenggara dan Sulawesi.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Jambul Kuning
8. Kakaktua Jambul Kuning (Cacatua Galerita)
Burung dewasa memiliki ukuran antara 40-45 cm. dengan bulu berwarna putih di seluruh tubuhnya, Burung ini memiliki jambul berwarna kuning dan tampak cerah. Serta nuansa kuning menghiasi bagian dalam sayapnya. 
Burung Kakaktua jambul kuning ini memiliki ras yang mirip. C,G Eleonora, C.G. Triton, C.G Galerita, satu lagi C.G Fitzroyi.  Tonton juga Videonya Klik

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Korela Oranye
9. Kakaktua Korela Oranye (The Corella)
Kakaktua ini ada kemiripan dengan Cacatua GoffiniCacatua Sanguinea. Tetapi yang membedakanya ada warna oranye bulan sabit di dadanya, sedangkan tubuhnya lebih besar dan berat. kakaktua ini berukuran sedang, berbulu putih dan ekornya pendek, memiliki tuhuh kekar dengan rahang atas yang panjang. ada warna kekuninggan di bawah sayap dan ekor. sedangakan di dahinya ada warna oranye atau merah, pada lingkar mata warana abu-abu kebiruan. Burung ini suka berkelompok, dan sering terlihat mencari makan di tanah.


http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Tungging Ekor Merah
10. Kakaktua Tungging Ekor Merah (Cacatua Haematuropygia)
Ciri-ciri Burung Kakaktua Tungging adalah memiliki bulu berwarna putih, ciri yang sangat has ialah pada ekornya ada warna jingga agak kemerahan dan pada ujung ekornya berwarnan gradasi putih ke kuninggan. ciri lain terdapat pada bawah sayapnya berwarna kekuninggan, serta gerakanya lebih tenang, untuk ukuran tubuhnya antara 31 cm. berat tubuhnya sekitar  300 gm.
Burung Kakaktua Ini, sangat langka selain di eksploitasi oleh manusia juga menjadi ancaman bagi para petani, karena kelompok kakaktua ini sering merusak tanaman pertanian, sehingga menjadi hama bagi mereka. Burung ini dibunuh sedangkan sekarang yang bertahan hidup kurang dari 1000 ekor. Habitat penyebaranya ada di Filipina, wilayah Luzon dan Pulau Palawan, Tawitawi, Mindanao dan Masbate. Sedangkan penduduk lokal menamakan burung ini Katala.


http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Biru
11. Kakaktua Biru (Cacatua Sanguinea)
Burung yang tidak biasa dengan bulu berwarna biru, walau terlihat seperti  saudara sejenisnya burung kakaktua rawa, tetapi dengan kombinasi warna putih dan biru di tubuhnya. burung ini berukuran kecil, seorang fotografer telah mengabadikan momen yang langka ini, burung trsebut berada di Australia.


Klik disini Video Kakaktua Jambul kuning beraksi

Si Cerdas Burung Kakaktua

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)