Burung Tranportasi Udara (Merpati Pos)

Burung merpati pos burung yang sangat berguna bagi manusia pada masa itu, burung ini masih sejenis dengan merpati yang kita kenal dan dipelihara. Walau ada beberapa perbedaan dari postur tubuh dan bentuk kepala serta paruhnya yang bebih panjang dan besar. Merpati Pos Memang sulit untuk dijinakan tidak seperti saudaranya merpati balap dan merpati atas yang seringkali di pergunakan untuk lomba, karena merpati pos sangat giras tidak seperti merpati yang dapat giring atau templek. Sehingga mudah dijadikan permainan oleh manusia. 

Merpati pos awal di pergunakan untuk kebutuhan mengirim pesan, sudah berlangsung sekitar 3000 tahun yang lalu, bukan hanya urusan perang, tetapi hasil keputusan sebuah diskusi juga mengunakan merpati pos untuk memberi kabar. Di zaman kerajaan dulu juga merpati pos digunakan untuk memberi kabar berita baik atau sebuah musibah wabah yang terjadi di sebuah kerajaan, kepada kerajaan lain. Ada juga merpati pos di pergunakan di menara pengawas untuk melaporkan situasi ke kantor pusat. karena menggunakan merpati pos jadi sangat mudah dan rahasia secara pribadi.
Merpati Pos

Ciri Merpati Pos
Memiliki tuhuh lebih tinggi dan besar, warna bulunya dominan gelap abu-abu dan biru tua, walaupun ada juga warna lain. Sedangkan setruktur bulunya lebih keras, memiliki kepala yang berbentuk opal lancip kedepan dengan hidung memiliki kulit yang tebal serta paruh yang besar, sedangkan dikelopak matanya melingkar daging yang keras, yang fungsinya menahan angin dari arah depan sehingga tidak menggangu pandangannya saat terbang dengan kecepatan tinggi, dan burung ini sulit dijinakan agak liar (giras). sedangkan cara perkembangbiakanya sangat mudah cepat berkembangbiak, sedangkan ciri-ciri lain adalah mempunyai kapasitas kecepatan terbang yang luar biasa sangat cepat, jadi untuk para pengemar burung merpati balap, burung ini dapat dikawinkan dengan merpati biasa, agar memiliki keturunan burung yang mempunyai kecepatan maksimal. dan keturunanya akan jinak seperti merpati biasa. 

Bisa kita bayangkan merpati pos terbang dapat menempuh jarak sekitar 1.000 kilometer dengan kecepatan 650 meter per menit ditempuh dalam tiga hari. kira-kira jarak tempuhnya dariman kemana kira-kira? Jakarta Bali dengan jarak sejauh itu! Dulu saya pernah melihat ada merpati terbang dimalam hari, terbangnya sangat cepat, dari arah timur menuju barat. Burung ini ketika dilepas di daerah lain, dia akan berputar-putar bersama burung merpati lain, setelah itu dia terbang sendiri menuju rumahnya.
Merpati Pengirim Pesan

Sekarang merpati pos jarang digunakan karena dengan adanya alat telekomunikasi yang lebih canggih, cepat dan kaurat, seperti media Internet telah memungkinkan untuk pengiriman informasi menjadi sangat instan. sebuah aplikasi yang memungkinkan penguna pesan untuk dapat langsung berkomunikasi satu sama lain bahkan sampai keseluruh dunia. Begitu juga seperti Telephon dan cara kerjanya juga menyampaikan pesan serta berkomunikasi secara pribadi dan langsung, dengan aplikasi lengkap dan cepat.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)