Pohon Kesukaan Burung

Pohon-pohon yang sering di singahi burung. Burung liar yang bebas lepas dialam, seringkali kita bertanya-tanya dimanakah burung itu makan! dan dimana mereka seringkali mencari makanan kesukanya, Pagi Berkicau akan sering mengenai burung yang suka ramai dipohon, dan pohon apa saja, serta burung-burung yang senantiasa memakan buah dari pohon tersebut. Para penikmat burung berkicau di alam, pasti sering melihat burung yang bertenger dipohon-pohon, yang sesekali suarnya ramai.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Kutilang
Coba renungkan bahwa burung adalah makhluk alam yang senantiasa menghiasai langit, di alam terbuka seringkali kita dapat merasakan betapa indahnya burung yang terbang bebas di alam, dan hidup dengan sendirinya, serta berkembang biak menjadi kelompok burung yang menghiasi alam sekitar kita, sementara manusia tidak harus ikut campur dalam kehidupan makhluk ini, hanya dapat merasakan manfaat serta kicauan yang senantiasa menghiasi telinga. Dengan suaranya yang merdu serta kebebasa mereka terbang kemana burung itu suka.

Ada beberapa pohon dimana burung itu mencari makan, serta menghidupi dirinya, pohon-pohon ini menjadi tempat faforit burung, akan tetapi seringkali manusia tidak pernah tahu makanan apa saja yang burung itu makan di alam liar, dan mungkin ada disekitar kita tentunya pohon yang kita tanam, atau tumbuh dengan sendirinya yang penyebaran benihnya tanpa disengaja di bawa oleh angin dan burung itu sendiri.

Pohon dan Buah Pepaya

Pohon pepaya yang tidak pernah kenal iklim, pohon pepaya selalu berbuah dan buahnya cukup banyak apabila telah matang buahnya menjadi santapan yang menyenangkan bagi para burung sejenis jalak. Pohon kesukaan burung tumbuh subur di setiap tempat.

Seperti dihalaman rumah, di kebun, di taman dekat rumah, serta di taman-taman kota. Pohon tersebuat adalah pohon salam, ada beberapa pohon yang burung itu sering singgah, selain pohon salam, pohon beringin, pohon kersen, pohon ara, pohon pisang. Sedangkan pohon Sukun dan randu juga sering didatanggi burung-burung yang sengaja bertengger dan sebagai tempat bermain atau beristirahat mereka.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Buah Salam

Beberapa burung yang hidupnya berkelompok seperti Kutilang, Crucuk, atau Jalak. Burung inilah seringkali hadir, di antara pohon-pohon berikut pohon salam menyediakan, bunga serta buah yang manis, begitu juga pohon beringgin, yang menyedikan buah yang melimpah dan serangga, seringkali dibuat tempat bersarangnya burung-burung. 

Sedangkan pohon kersen buah dan bijinya disukai juga oleh beberapa jenis burung, karena pohon kersen sering berbunga jadi kupu-kupu banyak yang berterbanggan di sekitar pohon, sehingga burung pemakan serangga pun sering berada di pohon itu. 

Ada juga pohon pisang dikala pisang itu berbungga burung kolibri juga sering nampak diantara bunga pisang (jantung pisang) dan mereka memakan nektar. Setelah menjadi buah pisang yang masak burng seperti Jalak, Kutilang, Crucuk, sering memakan buah pisang yang sudah masak. sedangkan pohon yang berdaun rimbun walaupun jarang di singgahi namun sesekali terlihat ada beberapa burung yang memakan semut dan keroto.

Itulah Sahabat Pagi Berkicau, bahwa burung yang berterbanggan di alam terbuka juga memiliki tempat tinggal yang nyaman beserta makanan yang melimpah didekat sarang mereka. jadi tidak usah risau akan kehidupan burung-burung yang berada di alam, hanya kita perlu diketahui pepohonan yang telah kita ketahui menjadi harapan hidup bagi keberlangsunggan dan perkembang biakan burung-burung itu sendiri. Sudah seharusnya kita melestarikan pohon yang menjadikanya burung-burung itu tinggal.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)