Elang Botak (Haliaeetus leucocephalus)

http://pagiberkico.blogspot.co.id/

Elang Botak adalah Burung asli Amerika Utara. Burung ini menjadi simbol negara Amerika. Burung ini berada di Alaska dan Kanada, dan 48 negara bagian yang bersebelahan, dengan Meksiko. Mereka adalah elang laut, dan lebih memilih untuk tinggal di dekat laut, sungai, danau dan daerah perairan terbuka dengan makanan yang melimpah seperti ikan dan binatang lainya. 

Elang dewasa umumnya memiliki bulu berwarna hitam kecoklatan, warna putih pada bagian kepala, serta leher dan ekornya, sedangkan kaki dan paruhnya berwarna kuning. Burung elang ini mencapai kedewasaanya pada umur 5 tahun. Ukuran tubuhnya burung Betina mencapai 90 cm. dan bentangan sayapnya mencapai 2-2,3 m. Sedangkan Jantan memiliki panjang 70-90 cm. dan sayapnya memiliki lebar 1,95-2,3 m. dan berat tubuhnya mencapai 4-6 kg.

Burung ini bersarang diatas pohon, burung karnifora burung pemakan daging, dan suka bertenger di atas pohon. Sarang Elang botak tingginya dapat mencapai 3 m. Burung Elang mengunakan sarang yang sama selama bertahun-tahun, hanya menambahkan serta memperbaiki sarang tersebut dari waktu ke waktu.  Burung ini sangat sensitif terhadap manusia dan sarangnya biasanya sangat jauh, hampir 1,2 mil dari keberadaan manusia.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Sarang Burung Elang Botak

Elang Botak Burung yang sangat setia (monogami) kawin dengan burung yang sama di setiap tahun. Jika pasanganya mati, Burung Elang lain akan menerima, sebagai pasangan hidupnya. Betina bertelur 1-3 telur, dalam menggerami telurnya selama 35 hari lamanya. Setelah menetas 10 sampai 12 minggu, dalam pengasuhan induknya, masa dewasa 4-5 tahun. Burung Elang Botak panjang umurnya rata-rata 15 sampai 20 tahun, sedangkan di penagkaran bisa mencapai 30 tahun lamanya. 

Elang Botak memangsa ikan, dan burung air. Mereka berburu dan memangsa binatang lain seperti reptil, terkadang memakan bangkai ternak. Burung Elang biasanya memilih pohon yang paling tua dan paling tinggi diantara pohon yang lain, dengan tempat yang terbuka dan dekat dari sumber makanannya. Sedangkan di daerah yang tidak ada pepohonan elang ini bersarang ditebing dan di atas tanah.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Elang Menerkam ikan di Perairan

Dalam berburua untuk menangkap ikan ia menukik ke atas air dan dengan kedua cakarnya menerkam mangsanya, dalam berburu biasanya burung lain juga merebut makannya. dengan cakar yang begitu kuat merobek daging dan membawanya, sering kali terjadi perebutan mangsa.
Ketika danau dan sungai membeku pada musim dingin Burung Elang bermigrasi ke pantai di daerah yang lebih hangat. Mereka biasanya berburu sendiri, tetapi seandanya makanan berlimpah burung Elang berkumpul bersama kawanannya, dari lahir hingga mati.

Burung Langka, kepunahan Burung tersebut di Amerika diakibatkan perburuan oleh manusia, berkurangnya habitat hidupnya, dan terkadang tersengat aliran listrik yang tanpa disengaja bertenger di kabel aliran listrik dan mati.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)