Burung Auklet Jambul (Aethia cristatella)

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Auklet Jabul

Auklet Jambul Antik (Aethia cristatella) adalah burung laut kecil dari keluarga Alcidae. Menyebar ke seluruh laut Pasifik Utara dan Laut Bering. Auklet menyelam di perairan dalam, mereka memakan kerikil, ikan, cumi-cumi serta hewan laut yang berukuran kecil. Mereka dapat ditemukan di sepanjang pantai, berkembang biak di pulau-pulau terpencil, dengan memanfaatkan lereng tebing, dan bebatuan di bibir pantai. Burung ini dikenal karena memiliki bulu didahi yang melengkung. sedangkan jumlah lengkunggannya rata-rata 12 helai, dan panjangnya 2-3 cm.

Memiliki Bulu tubuhnya berwarna Abu-abu dengan gradasi warna terang ke gelap, ukuran tubuhnya antara 18-27 cm. beratnya sekitar 200-300 g. Burung Antik ini bermata putih, iris mata hitam kecil, ada warna putih bergaris dari area mata ke telinga, memiliki paruh berwarna Orange, ujung parunya berwarna kuning bening, dan kakinya berwarna hitam, memiliki selaput seperti kaki bebek, untuk berenag, sedangkan di atas paruhnya ada jambul berwarna hitam yang melengkung ke bawah. Bentuk tubuh antara sijantan dengan betina sangat mirip, perbedaanya pada jambul milik betina melengkung lebih kecil.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Auklet dari Alaska
Musim kawin burung ini antara bulan Maret hingga Mei, Burung Auklet perkawinan mereka secara monogami, tergolong burung yang setia pada satu pasanggan. Mereka bersarang diantara celah-celah bebatuan di pantai, bersama koloni yang besar bergabung hingga 100.000 pasangan. sedangkan diluar musim kawin burung Auklet tetap berada di Pasifik Utara bagian barat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)