Kakaktua Hitam Australia (black cockatoos)

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Hitam (Calyptorhynchus)

Black-Cockatoo adalah kakatua besar, kakaktua hitam (Calyptorhynchus) adalah endemik Australia. Dulu Carnaby Black-Cockatoo Panjang tubunya mencapai 53-58 cm. burung yang sangat besar, sedangkan sayapnya memiliki lebar sayap sekitar 110 cm dan beratnya 520-790 g. Sedangkan Warna bulunya, Kakaktua ini sebagian besar berwarna hitam kecoklatan, serta keabuan, dan ada warna putih lebar di bagian ekornya. Beberapa perbedaan antara jantan dengan betina adalah: Betina ciri dibagin pipinya ada warna putih besar berwarna terang. Sedangkan ciri Jantan warna putih di pipinya relatif lebih kecil, dalam membuat sarang burung ini memanfaatkan cekungan pohon, dan kayu atau ranting kering sebagai sarangnya, karena cekungan jarang ditemukan mereka seringkali berkelahi untuk mempertahankan sarang mereka.

Burung Kakaktua Hitam suka bertenger di antara puncak pohon, mereka memakan Bungga untuk di ambil nektarnya. Buah-buahan, serta serangga. Dalam mencari makan mereka bersama kawananya terbang di pingiran hutan pinus hingga sampai kedalam hutan. Mereka makan didalam perkebunan hutan pinus, memakan bunga dan biji pinus, dan Biji tanaman proteaceous seperti Banksia.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Kakaktua Hitam (Calyptorhynchus)
  
Sementara itu Makin berkembangnya zaman dan populasi manusia bertambah dan pemukiman makin mengerus hutan untuk dijadikan pemukiman, pohon-pohon telah menghilang ditebang dan tidak adanya tempat bagi mereka untuk berkembang biak, kita tidak tahu apa yang terjadi pada burung-burung ini dimasa yang akan datang.


Kakaktua Hitam ini mulai punah populasinya setiap tahun menurun drastis sekitar 15%, seandainya dalam jangka waktu 5 tahun, diperkirakan populasinya akan menurun lebih besar 50%. Sehinga kakaktua ini di relokasi kedalam perkebunan pinus Perth pinggiran kota, dan memperluas daerah ekosistemnya, tetapi kehilangan tempat tinggal saat perkebunan di exploitasi oleh penduduk. yang pastinya rusaknya ekosistem burung ini, dan juga menghilankan sumber makanan mereka. Jadi BirdLife Australia telah bekerja pada rencana pemulihan spesies 'sejak tahun 2001. Menurut informasi (awal September 2008) tercatat lebih dari 620 burung. yang ada di alam bebas Australia Bagian Barat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)