Ciri Alap-alap (Falcon)

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Alap-Alap

Seekor Alap-alap bertenger di pohon tertinggi, pinggiran perkampunggan, pagi hari anak ayam bersama induknya, keluar dari kandang si anak ayam berlarian menuju hamparan rumput hijau di sebuah lapangan sepak bola di pingiran desa, pagi itu kabut masih menyelimuti lapangan, dan sejauh mata memandang, remang terhalang kabut yang belum juga hilang. 

Sontak terkejut si anak ayam dan iduknya berlarian tak teratur. Alap-alap dengan secepat kilat meluncur dan menukik, sedangkan kedua cakanya mencengkeram salah satu anak ayam, satu diantaranya kurang beruntung, dibawa terbang entah kemana. Alap-alap sering berada di perkebunan, ladang dan lapang terbuka, kala menjelang senja dia berputar-putar di udara memantau mangsa dari atas, seolah pemilik langit, terkadang hanya satu, sekali waktu terlihat ada dua ekor melayang di udara, cukup menakutkan bagi binatang lain seperti ayam.
http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Alap-alap managkap burung dara

Peringatan bagi pencinta burung dara atas. Alap-alap seringkali mengincar burung dara yang sedang terbang, makanya untuk para penghobi burung merpati atas harus melihat rute terbang, adai sedang berlatih atau sedang berlomba untuk menghindari di mana sering nampak keberadaan burung Alap-alap ini. Walau sekarang hanya tinggal nama, burung ini lambat laun semakin punah, bahkan jarang sekali ditemukan disekitar kita.

Burung yang bernama Falcon ini, Burung karnifora, jenis burung pemangsa seperti saudanya Falconidae, walau berbeda dengan burung rajawali dan elang. Karakteristik dari bentuk Alap-alap dengan bulu sayap yang lebih runcing, sehingga memiliki kecepatan terbang yang luar bisa dalam menyambar mangsa dengan gesit. Dalam memburu mangsa alap-alap memiliki akurasi yang lebih baik, dibandingkan dengan burung elang, mungkin karena alap-alap memiliki tubuh lebih ramping sehingga dapat lebih cepat dalam melakukan akrobatis di udara. Sedangkan paruhnya yang pendek melengkung, dan dengan mudah mencabik serta merobek daging. Sedangkan cakarnya yang kuat lebih membulat untuk mencengkeram. Dari Burung inilah Negara besar seperti Amerika, menjadikan inspirasi sebuah model pesawat tempur Falcon.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Alap-alap

Alap-alap dalam menerkam mangsanya, kebanyakan di udara walau terkadang turun ketanah memangsa tikus, dan hewan kecil lainya. Di udara burung ini bergerak sangat lincah burung sekecil kolibri, dan kelelawar sekalipun mampu ia tangkapnya.


Beberapa karakter yang menakjubkan dari Alap-alap.

  • Burung alap-alap dapat terbang rendah, dengan tubuh rampingnya kecepatan terbangnya melebihi Burung Elang, Struktur tubuh yang ringgan dapat terbang secara bermanuver. kecepatanya dapat mencapai 300 km/jam.
  • Alap-alap adalah binatang karnifora, pemakan daging, hewan yang di mangsanya seperti Burung merpati, kelelawar, burun gereja, anak ayam, reptil dan biantang kecil lainya. 
  • Memiliki Akurasi yang tinggi dalam membidik mangsanya, dengan penglihatanya yang tajam 3 kali lebih tajam dari mata manusia. disaat terbang di ketinggian Alap-alap dapat melihat buruanya dengan sempurna.
  • Alap-lapa dalam berburu mangsanya dia mampu menyerang dari segala arah di udara, dan dapat pula bergerak lincah di darat.
  • Alap-alap bersarang di pohon yang tinggi seperti pohon beringin, randu, pinus yang jauh dari jangkauan manusia. Si betina bertelur hanya 2-3 telur saja. 
  • Dalam rantai makanan burung ini adalah predator level atas yang mengendalikan hama tikus dan membantu menekan pekembangbiakan tikus sawah. yang sering merusak tanaman milik petani.

Sahabat Pagi Berkicau sebaiknya tidak memelihara burung ini, karena makanannya sangat sulit didapat, kalo pun ada bikin kantong kempes. mudah-mudahan Alap-alap masih banyak di alam terbuka, menjadi teman dikala menjelang senja di lapangan bola di pingiran desa.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)