Tips Burung Merpati Balap.

Merpati Atau Burung Dara. Burung jinak sahabat manusia, burung merpati balap untuk lomba biasanya burung yang terpilih, terbang dengan kecepatan yang luar biasa, burung ini sangat dekat dengan manusia dalam hidupnya jarang sekali hidup dialam liar yang bebas seperti burung-burung yang lainya, burung dara saking dekatnya, menjadi peliharaan dan hobi pecinta burung balap lomba. Untuk seorang anak laki-laki kebanyakan pernah memelihara burung merpati, begitu juga orang dewasa yang suka sekali dengan permainan burung balap, pematang sawah dan lapang terbuka menjadi ajang balap burung merpati.
http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Merpati (foto tIO)


Burung merpati sangat setia terhadap pasangannya yang saat itu dicintainya. disaat jatuh cinta burung Ini enggan untuk terpisah, selalu mengejar-ngejar pasangannya, dan mematuk-matuk kepala si betinanya. Dan sahabat pastinya akan memberikan perhatian khusus seandanya burung ini sudah berjodoh.
http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Burung Dara

Bagaimana Memilih Burung merpati balap yang unggul, yang perlu kita ketahui sangat beragam caranya, pagi ini si amang akan berbagi pengalaman, bagaimana memilih burung yang nantinya menjadi juara dalam mengikuti lomba atau hanya sekedar hiburan dengan burung yang anda miliki, mempunyai kualitas yang baik, serta terbang dengan kecepatan maksimal.

Berikut ciri yang has dari burung balap.
  1. Langakah awal yaitu burung yang akan kita pelihara adalah keturunan dari burung lomba yang berkualitas, yang kita urus dari masih lolohan. hingga dewasa.
  2. Memiliki bentuk tubuh yang bidang, besar ke depan menyerupai jantung pisang, berat tubuhnya seimbang dan tidak terlalu besar.
  3. Beberapa bentuk mata, Burung Merpati warna mata Asem (Hitam), Mata Air (Kacila) dan mata Jagung (kuning). Sahabat akan beruntung seandainya mata merpati yang dimiliki, memiliki Mata Air, mata yang sempurna dari ketiga-tiganya mata Air lah yang lebih akurat, kelebihanya ialah tidak mengenal waktu pagi hingga malam penglihatanya sangat bagus. Ada juga  jenis mata Jagung, mata jenis ini memiliki pengelihatan yang cukup tajam, dengan jarak pandang yang lumayan jauh jenis mata ini berfungsi secara maksimal, karena mata jagung ini bagian pupil matanya berdiameter lebih kecil, Fungsi mata ini dalam melihat pasangannya sangat tajam dan akurat.
  4. Memiliki lubang hidung agak sempit
  5. Coba sentuh bagian bawah dekat dengan dubur, ada tulang yang menonjol, pastikan memiliki kerapatan sempit dan kuat. tidak dalam posisi renggang.
  6. Kaki yang sehat dan paruh yang kering, menujukan burung sehat.


Perawatan Burung Merpati Balap. Langkah awal yaitu, 
  1. Pilihlah pasangan betina sehat yang memiliki bulu yang indah.
  2. Pagi hari burung di mandikan dan di jemur jam 8 hingga jam 10 pagi, pakan kesukaan yaitu biji jagung kecil atau jagung manis.
  3. Cara Menjodohkannya, sahabat butuh besek khusus burung merpati yang nantinya jantan dan betina ditaru terpisah, dalam dua tempat tertutup. Selama 2-3 hari. selanjutnya.
  4. Satukan burung dalam satu kurunggan, setelah dimandikan pagi dan di jemur sehingga burung merpati tersebut kawin. Lakukan cara ini pagi dan sore itu lebih baik.
  5. Berilah vitamin Burung, untuk tambahan setamina.
  6. Dan lihat hasilnya.
Burung biasakan berlatih dan mengenal lingkungan serta usahakan intensitas dan berlatih, uji coba beradu kecepatan harus sering-sering dilakukan, agar mempunya hasil yang maksimal. Dalam melakukan latihan burung jantan di abur jangan terlalu jauh dulu, bertahap dari jarak 50 m. tambah 100 m. dan seterusnya untuk melakukan latihan waktunya dapat dilakukan pada pagi hari dan sore kala matahari tidak terlalu panas. 

Selamat mencoba, Pasti seru.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)