15 Jenis Nuri Burung Eksotis.


Dari sekian bayank burung yang bertebaran di seluruh dunia, ternyata burung asal tanah air lah yang dominan dari segi ke indahan serta suara yang begitu banyak fariasinya. tentunya kita perlu tahu darimana dan seperti apa burung nuri yang sebagian hanya kalangan tertentu yang mengetahui betapa beraneka ragam bentuk dan warna, yang begitu luar biasa. Nuri burung pintar, yang dapat meniru gerak, serta beberapa kata yang biasa diucapkan manusia, Burung nuri dapat melakukanya. Selain Memiliki karakter tersebut burung ini mendapat tempat di para penghobi burung peliharaan. Makana yang mudah di dapat buah dan biji menjadi makanan utama, walau serangga juga sering juga ia santap. Para pencinta burung kelas menengah atas suka sekalih dengan memelihara burung Nuri. Pagi berkicau akan memberi gambaran dari beragam burung nuri.  


http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Tanibar (Blue Streaked Lory)
Nuri Tanimbar. Nuri yang satu ini Peyebarannya di kepulauan Tanimbar dan Nusa Tenggara timur, Burung Nuri Tanimbar memiliki ukuran tubuh 30 cm. mereka sering terlihat di wilayah hutan primer dan sekunder mereka sering terlihat di daerah perkebunan. Burung ini memakan Nektar dan Buah. Pada tubuhnya bulu dominan berwarna merah dan hitam pada ujung sayap, dan ekor dan warna biru terang di belakang kepalanya serta yang lebih khas ada garis hitam pada mata kebelakang.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Raja Ambon (Moluccan King Parrot)
Nuri Raja Ambon. Burung asal Indonesia ini, Memiliki namalatinya Alisterus Amboinensis, Nuri ini berukuran 35 cm. Nuri Raja Ambon habitat aslinaya hutan primer dan hutan sekunder, walau sering ditemukan di perkebunan penduduk, mereka ditemukan di beberapa daerah seperti di Maluku, Pulau Peleng, Sula, Halmahera, serta Ambon dan papua.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Kalung Ungu (Violet Necked Lory)

Nuri Kalung Ungu. Burung Eksotik yang memiliki kalug di lehernya yang berupa bulu berwarna ungu, Burung yang berukuran tubuh 28 cm. Burung ini Memiliki saudara 3 Subspecies yang tersebar di wilayah Maluku dan wilayah Papua. Seperti Ricanata keberadaannya di maluku Utara dan kepulauan Widi, Obiensis Rotchshild penyebaranya di Obi dan Maluku Utara. Squamata di kepulauan Schidpad dan Papua Utara. Habitatnya Perkebunan dan Hutan tropis.


http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Ara Pipi Merah (Psittaculirostris edwardsii)

Nuri Pipi Merah (Psittaculirostris edwardsii), ditemukan di hutan dataran rendah lembab di utara-timur Papua nugini. Burung jantan didominasi warna hijau dengan dada pita biru gelap dan merah serta pipi, bulu telinga kuning dan mahkota kekuningan. memiliki ekor yang pendek, dan panjang kurang lebih 18 cm. Dijumpai di hutan dataran rendah. Timur laut papua nugini.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Kehitaman atau Nuri Oranye (Dusky Lory Parrot)

Nuri Kehitaman adalah berekor pendek, Panjangnya sekitar 25 cm. Dominasi warna bulu pada perutnya oranye kombinasi coklat dan atas kepala serta kalung dilehernya berwarna kuning. iris kekuningan abu-abu, dan paruh yang berwarna kuning.
Habitat aslinya Nuri Kehitaman Habitat Aslinya meliputi (Papua Barat), dan Papua daerah pulau New Nugini, dari Salawati dan Yapen. Habitat dialam meliputi hutan tropis lembab di dataran rendah, hutan bakau, dan hutan pegunungan. 
Di alam liar, Nuri memakan beragam makanan, Seperti bunga adalah favorit mereka dan diambil nektarnya. dengan lidahnya mengumpulkan serbuk sari, juga buah-buahan mereka juga makan beberapa serangga.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Kepala Hitam (Black Copped lory)
Burung Nuri Kepala Hitam, Nuri ini sering terlihat menjadi burung peliharaan, dengan pesona warna bulunya eksotis penuh warna-warni Burung yang bernama latin Lorius Lory, Burung cantik berukuran tubuh sedang antara 30 cm. Di alam Abitat aslinya dihutan Papua dan daerah kepulauan Misool, Salawati, Batanta, di teluk Cendrawasi, Nuri ini termasuk burung yang suka hidup berkelompok walau sering terlihat hanya kelompok-kelompok kecil. Anda ingin melihat Videonya Klik 

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Taulud (Red and Blue lory)­
Nuri Taulud di kenal juga dengan nama Nuri SampiriUkuran tubuhnya sekitar 30 cm. Di Indonesia burung nuri ini ada 3 subspecies diantaranya 1. Challengeri salvadori di Pulau Miangas daerah Sulawesi Utara 2. Talatensis berada di kepulauan Taulud. 3. Histrio berada di pulau Siau, Sangihe dan Ruang.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Ara Pipi Kuning /Ara Salvadori (Salvadori's Fig Parrot)
Nuri Ara Salvadori ini  (Psittaculirostris salvadorii) adalah endemik Papua bagian utara (sebelumnya Irian Jaya), Indonesia, di mana mereka berkembang dari pantai timur Geelvink Bay ke Cyclops Mountains, termasuk hutan dataran rendah sampai anak sungai dari Sungai Mamberamo. Panjang tubuhnya 19 cm. Bulunya sebagian besar berwarna Hijau.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Hitam (Black Lory)
Nuri Hitam. satu lagi burung yang sangat cantik, Ukuran tubuhnya mencapai kurang lebih 32 cm. di Indonesia ada beberapa subspecies diantaranya 1. Bernsteini berada di pulau Misool dan 2. Atra di Sulawesi dan Papua. 3. Insignis berada di pulau Amberpon, Onin, Semenanjung Bomberai, dan Papua.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Telinga Biru (Half Masked Lory)
Nuri Telinga Biru, Burung yang berukuran kecil atara 23 cm. Daerah penyebaranya di pulau Seram dan Maluku. Burung nuri ini suka berada di pohon yang penuh dengan bunga dan memakan nektar, mereka suka sekalih hidup berkelompok dalam kelompok kecil.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Coklat (Brown Lory)
Nuri Coklat (Chalcopsitta duivenbodei), adalah spesies burung beo dalam keluarga Psittaculidae. Burung ini ditemukan di Papua Barat, Indonesia dan Papua Nugini. habitat alamnya adalah hutan dataran rendah lembab, subtropis atau tropis.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Sayap Hitam (Black Winged lory)
Burung Nuri Sayap Hitam. Nuri memilki ukuran tubuhnya antara 30 cm. Mereka berada di teluk Cendrawasih, pesisir pulau Biak dan Papua, menjadi daerah penyebaran burung ini. Burung nuri selain bersarang di lubang-lubang pohon juga bersarang di pohon kelapa yang terdapat di perkebunan.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Kepala Elang (Deroptyus accipitrinus)
Nuri Kepala Elang. Burung Asli Amazon burung langaka, Deroptyus accipitrinus Burung ini memiliki ekor panjang, Burung dewasa berukuran 35 cm. Spesies ini memiliki warna dasar hijau, dahi putih dan mahkota, bulu pipi coklat dengan ujung putih seperti pena, paruh dan kaki kehitaman. populasi di hutan memakan biji-bijian, tunas pohon, buah Awara dan Cuyuru. Masa kawin burung ini bulan Februari dan maret, sedangkan saranya mengunakan sarang bekas burung pelatuk di lubang pohon. Keberadaan burung ini di DAS utara Amazon, Guyana, sebelah selatan dari Venezuela, Brazil, Peru dan columbium.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
Nuri Maluku (Red Lory)

Nuri Maluku. Burung Nuri cantik ini berukuran 30 cm. Burung ini memiliki 2 Subspecies yaitu Cyanotorus dan Bornea. daerah penyebaranya pulau Buru serta Haruku, Ambon, Saparua Kepulauan Banda, seram laut, Tayandu, Watubela dan Kepulaun kai.

http://pagiberkico.blogspot.co.id/
  Nuri Kuning (Aratinga guarouba)
Nuri Kuning The Golden Conure, juga dikenal sebagai Queen of Bavaria Conure atau Parkit, adalah dari Amazon Brasil. Panjang tubuhnya 35 cm. Bulu burung jantan dan betina adalah semua kuning kecuali bulu pada sayap hijau gelap dan paruh merah muda, yang membedakan dari betina yang ukuran tubuhnya lebih kecil dan memiliki wajah lebih oranye. Dengan bulu kuning. Musim kawin umumnya terjadi dari Desember hingga April, pada saat musim hujan. Sarang biasanya dibuat dalam rongga pohon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Burung Bandung Selatan

MURAI IRIAN (Black Racket-tailed Treepies)

Burung Asli Indonesia (Macrocephalon maleo)